Cara Mengatasi TV Polytron Protek dengan Mudah

Salah satu yang kerap dialami pada barang elektronik adalah kerusakan TV Polytron protek. Hal tersebut biasanya dikarenakan sirkuit vertikal pada mesin yang mengalami beberapa masalah.

Meski begitu, di beberapa kasus lain memang ada penyebab-penyebab lain seperti tabung yang mengalami lonjakan tegangan. Pada dasarnya, sistem protek pada TV Polytron ini aktif atau bekerja karena terdapat kendala di sirkuit lain.

Untuk mengatasi masalah terkait hal tersebut, pada kali ini akan dijelaskan secara lengkap. Jadi, pastikan Anda untuk menyimak dengan saksama hingga selesai.

Sekilas Tentang TV Polytron Protek

cara mengatasi TV Polytron protek

Hal yang paling umum terjadi ketika adanya kerusakan pada TV Polytron adalah sistem protek yang aktif. Masalah tersebut biasanya ditandai dengan gejala tv polytron slim gagal start.

Ketika tombol power remote ditekan, televisi tidak merespons untuk hidup. Kalaupun televisi tersebut dapat menyala, durasinya biasanya tidak akan bertahan lama dan kembali masuk ke kondisi stand by.

Jadi, bisa dibilang bahwa arti protek di sini adalah sebuah sistem keamanan yang terdapat pada TV guna melindungi dari kerusakan yang lebih parah. Dengan demikian, sirkuit yang berada di sekitarnya tidak akan terlalu terdampak.

Bagaimana Cara Kerja Protek TV Polytron?

Cara kerja TV Polytron protek juga perlu dipahami lebih lanjut. Dengan mengetahui bagaimana cara kerjanya, Anda dapat mengatasi kerusakan dengan lebih mudah.

Perlu diketahui bahwa setiap pin protek di TV Polytron berbeda-beda. Semuanya tergantung dari jenis IC program yang digunakan pada televisi tersebut.

Sebagai contoh, TV Polytron dengan IC UOC biasanya menggunakan sistem protek di pin 42. Sementara itu, untuk TV Polytron dengan IC Jungle, kaki pin protek berada di nomor 60 dan IC SMD di pin 80.

Baca Juga:  Mengenal Kereta Api Listrik, Cara Kerja, Jenis dan Kelebihannya

Pada kondisi yang normal, biasanya pin protek akan memiliki tegangan sekitar 5 volt saja. Akan tetapi, apabila tegangan tersebut mengalami drop atau bahkan hilang, nantinya akan menimbulkan sistem protek bekerja.

Sistem protek bekerja dengan cara mematikan program pada TV. Dengan begitu, akan timbul kasus tv polytron standby tidak mau start yang kerap dialami banyak orang.

Lalu, dari mana tegangan 5 volt tersebut didapatkan? Jawabannya adalah dari sirkuit pump up vertikal yang berjalan melalui dioda dan juga elko.

Penyebab TV Tidak Mau Menyala Karena Protek

Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, kasus TV yang protek disebabkan karena IC vertikal yang mengalami gangguan atau bahkan mati. Akan tetapi, hal tersebut bukan sesuatu yang pasti sehingga Anda perlu memperhatikan beberapa penyebab lainnya seperti berikut ini.

1. IC vertikal yang mati

Kasus IC vertikal TV Polytron yang mati adalah alasan paling umum dan dapat menyebabkan TV tidak mau menyala. Bagi sebagian orang, tentu saja hal ini cukup mengganggu bahkan tidak jarang juga menyebabkan rasa panik.

Pada TV Polytron dengan jenis slim biasanya menggunakan IC vertikal dengan seri LA78141 sebagai penguat. Sayangnya, komponen ini cukup sering mengalami kerusakan yang diakibatkan karena terbakar oleh suhu panas terlalu tinggi.

Oleh karena itu, apabila Anda menemukan kasus kerusakan pada TV Polytron protek dengan penyebab IC vertikal yang jebol, akan lebih baik untuk menggantinya. Usahakan untuk mengganti IC vertikal dengan kualitas yang bagus supaya tidak mudah terbakar.

Hal tersebut memang harus menjadi perhatian mengingat saat ini cukup banyak orang yang menjual IC tersebut dengan harga yang murah. Tentu saja harga tersebut diimbangi dengan kualitas yang kurang baik dan mungkin hanya bisa digunakan selama beberapa hari pemakaian saja.

2. Elko yang mengering

Selain karena IC vertikal TV Polytron slim yang mati, faktor lain yang mungkin bisa menjadi penyebab adalah elko kopel yang telah mengering. Elko yang mengering biasanya akan membuat nilai kapasitansi menjadi berkurang.

Pada umumnya, standar nilai kapasitansi pada elko adalah sekitar 1uf/50 v. Jika komponen tersebut sudah mengering, maka sebaiknya segera ganti menggunakan elko dengan kapasitansi yang sama atau bisa juga lebih besar.

Cara Melumpuhkan Protek TV Sharp dan Polytron

Meskipun merupakan dua brand yang berbeda, namun pada kenyataannya cara melumpuhkan protek di keduanya hampir sama. Jadi, Anda bisa menggunakan cara ini untuk TV Sharp maupun Polytron dan tinggal disesuaikan saja.

1. Menggunakan tombol menu

Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, sistem protek yang aktif akan membuat TV Polytron u slim standby tidak mau start dan selalu masuk dalam mode stand by. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan tombol menu dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Hidupkan televisi
  • Pastikan TV dalam kondisi stand by
  • Tekan tombol menu dengan remote bawaan Polytron asli
  • Tekan tombol tersebut dan tahan hingga TV start
  • Saat TV start, perhatikan layar pada televisi
  • Apabila terdapat garis horizontal pada tengah layar, artinya IC vertikal mengalami kerusakan
  • Matikan TV
  • Lakukan perbaikan
  • Selesai

2. Menggunakan resistor 100 Ohm

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan resistor 100 Ohm untuk melumpuhkan protek. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka cover pada mesin televisi
  • Keluarkan mesinnya
  • Siapkan resistor 100 Ohm
  • Carilah pin protek yang terdapat pada IC
  • Sambungkan resistor ke pin protek
  • Berikan tegangan sekitar 5 volt
  • Hidupkan televisi
  • Lihat tampilan di monitor
  • Apabila muncul garis mendatar, artinya rangkaian vertikal mengalami masalah
Baca Juga:  Cara Setting TV Digital LG Berbagai Tipe

Bagaimana Cara memperbaiki TV Polytron Protek?

Di bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa salah satu ciri kerusakan IC vertikal TV adalah kemunculan garis mendatar di tengah layar. Anda juga telah mempelajari apa saja penyebab yang memungkinkan terjadi kerusakan.

Oleh karena itu, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah segera melakukan perbaikan dengan cara mencari komponen penyebabnya. Pada umumnya, komponen yang kerap menimbulkan protek pada beberapa TV adalah elko kopel 1uF yang berada di sekitar dioda pump up.

Elko tersebut biasanya akan mengambil tegangan yang bersumber dari sirkuit vertikal yang nantinya dialihkan ke bagian pin protek. Jadi, untuk memperbaiki masalah TV protek, silakan ganti elko tersebut dengan yang baru.

Setelah itu, nyalakan kembali televisi dan perhatikan apakah sudah kembali normal. Sementara itu, IC vertikal yang mengalami kerusakan, baik itu karena terbakar atau mati juga harus diganti dengan yang baru.

Mengganti dengan Komponen yang Berkualitas

Akan tetapi, sekali lagi yang perlu diingat bahwa Anda harus mengganti dengan komponen yang memang bagus. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan daya tahan yang lebih baik dan tidak cepat rusak.

Jika Anda sudah mengganti kedua komponen di atas namun TV masih tidak mau menyala, artinya ada faktor-faktor lain yang berpengaruh. Saat ini terjadi, Anda perlu mengamati komponen lain yang mungkin menyebabkan sirkuit vertikal tidak bekerja dengan optimal.

Kurang lebih itulah tadi pembahasan mengenai kasus TV Polytron protek yang mungkin kerap dialami banyak orang. Dengan mengetahui beberapa hal di atas, Anda sudah memiliki modal yang cukup baik untuk mengatasinya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment