Aplikasi Pembukuan Toko dan Software Terbaik

Dalam memulai usaha atau bisnis toko, tentu dibutuhkan alur pencatatan dan pembukuan yang baik. Terkait pembukuan tersebut, kini hal tersebut bisa dilakukan lebih mudah dengan aplikasi pembukuan toko.

Adanya aplikasi seperti itu, tentu dapat membuat proses pembukuan usaha toko menjadi lebih cepat, rapi, dan pastinya lebih akurat. Untuk aplikasinya, ada cukup banyak yang bisa untuk Anda pilih.

Nah, lalu apa sajakah aplikasi untuk pembukuan toko terbaik yang dapat Anda coba? Untuk mengetahui apa saja rekomendasi terbaiknya, Anda bisa melihat pada ulasan yang ada di bawah ini.

Apa Itu Pembukuan Toko?

aplikasi pembukuan toko

Sebelum lanjut melihat apa saja rekomendasi aplikasi pembukuan toko yang bisa dipilih, akan dijelaskan terlebih dahulu tentang pengertian pembukuan. Hal ini sangat penting supaya Anda tidak salah kaprah mengartikan pembukuan itu sendiri.

Secara umum, pembukuan toko merupakan proses pencatatan secara teratur guna melakukan manajemen keuangan bisnis serta juga berbagai informasi keuangan lain seperti kewajiban, modal, keuntungan, harta, dan lain sebagainya.

Tidak cuma aspek itu saja, pencatatan lain juga perlu dilakukan seperti penyerahan barang dagangan ataupun harga perolehan. Dengan semua informasi yang didapat dari pencatatan tersebut akan disusun laporan keuangan dalam kurun periode waktu tertentu.

Melihat pentingnya hal tersebut dapat dibilang bahwa pembukuan toko yang baik merupakan kunci agar usaha yang dijalankan bisa sukses. Anda bisa menggunakan laporan pembukuan tersebut untuk mencari strategi yang tepat guna meningkatkan hasil penjualan toko.

Aplikasi Pembukuan Toko di Android Dan iOS

Apabila membahas tentang aplikasi untuk pembukuan toko di Android, tentu ada cukup banyak pilihan yang bisa Anda coba. Namun, tentu dari banyaknya pilihan tersebut terdapat aplikasi yang dirasa paling bagus untuk digunakan.

Baca Juga:  7 Tips Cara Cepat Panggil Walet Dari Yang Sudah Berpengalaman

Dengan memilih aplikasi yang tepat, tentu proses pembukuan untuk toko atau warung bisa berjalan dengan lebih lancar dan mudah dimengerti. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi untuk pembukuan toko terbaik di platform Android atau iOS.

1. BukuWarung

aplikasi bukawarung

Aplikasi pembukuan pertama yang jadi rekomendasi adalah aplikasi bernama BukuWarung. Aplikasi tersebut bisa dikatakan salah satu aplikasi pembukuan yang cukup lengkap karena mempunyai banyak sekali fitur menarik.

Pada aplikasi tersebut juga bisa dipakai untuk alat pembayaran juga. Jadi, aplikasi BukuWarung ini dapat dipakai untuk keperluan personal ataupun pembukuan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Kehadiran dari aplikasi pembukuan grosir ini diharapkan bisa menjadi solusi tepat untuk para pengusaha untuk melakukan pencatatan usaha yang lebih mudah, aman, dan pastinya gratis. Tidak cuma itu saja, BukuWarung juga bisa jadi solusi pembayaran, kirim uang, sampai PPOB.

Kelebihan dari aplikasi BukuWarung ini adalah interface yang dihadirkan terbilang sederhana dan simpel. Alhasil, kondisi tersebut membuat ruang memori HP tidak terlalu terbebani saat menginstal aplikasi tersebut.

Pemakaian BukuWarung juga tidak harus dilakukan secara online menggunakan internet. Jadi, dalam kondisi tanda data internet, aplikasi tersebut masih bisa dijalankan fiturnya dengan normal tanpa masalah.

Nah, apabila Anda tertarik ingin mencoba aplikasi ini, langsung saja cari di platform aplikasi resmi seperti di Google Play Store ataupun App Store. Segera download aplikasinya dan nikmati berbagai kemudahan serta fitur di dalamnya.

2. Teman Bisnis

teman bisnis aplikasi

Berikutnya ada juga aplikasi Teman Bisnis yang cocok untuk membantu Anda dalam membuat pembukuan toko. Aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang membangun bisnis skala kecil dan belum mempunyai pengetahuan akuntansi.

Aplikasi Teman Bisnis ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Selain membantu dalam urusan toko, aplikasi ini secara lebih khusus memang diperuntukkan kepada pelaku bisnis kecil sampai menengah, reseller, sampai dengan produksi.

Baca Juga:  Siapa Pengusaha Walet Terkaya Indonesia? Ini 5 Daftarnya!

3. Akuntansi Keuangan

Rekomendasi aplikasi untuk melakukan pencatatan dan pembukuan toko berikutnya adalah aplikasi bernama Akuntansi Keuangan. Aplikasi ini bisa diinstal baik pada perangkat smartphone Android ataupun iOS secara cuma-cuma.

Menggunakan aplikasi Akuntansi Keuangan merupakan cara membuat pembukuan warung sembako Anda jadi lebih mudah. Selain itu, di dalam aplikasi tersebut terdapat juga pilihan buku besar, jurnal, laba rugi, neraca, dan keperluan pembukuan lainnya.

Selain ketiga aplikasi yang telah disebutkan di atas, tentu masih terdapat aplikasi lain yang mempunyai fungsi serupa. Hanya saja, aplikasi di atas merupakan rekomendasi terbaik yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam hal pembukuan dan pencatatan toko.

Software Pembukuan Toko

Untuk masalah pembukuan warung sembako, Anda tidak hanya bisa menggunakan aplikasi Android saja tetapi juga software pada perangkat PC. Secara umum, fungsi dari software tersebut tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang ada di Android.

Bagi Anda yang berminat ingin mencoba software pembukuan bisnis tersebut, terdapat beberapa rekomendasi yang bisa dicoba. Berikut ini adalah ulasan tentang rekomendasi software-software pembukuan tersebut.

1. Wave

Software pertama yang bagus untuk pembukuan adalah Wave. Software ini merupakan buatan pengembang Amerika Serikat dan telah dipakai oleh ratusan ribu orang lebih sampai sekarang.

Hal tersebut tentu tidak mengherankan mengingat di dalam Wave ini terdapat banyak fitur pembukuan yang menarik. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah fitur pengiriman invoice, pembuatan kuitansi online, dan juga pencatatan arus keuangan.

Namun, kekurangan dari software Wave ini adalah belum mempunyai fitur inventory dan juga stok. Selain itu, Wave ini memang diperuntukkan bagi orang-orang Amerika, jadi saat dipakai oleh orang Indonesia mungkin terdapat beberapa hal yang terlihat asing.

Baca Juga:  4 Macam Bau Yang Tidak Disukai Burung Walet, Pengusaha Wajib Tahu!

2. Freshbooks

Selanjutnya ada juga software bernama Freshbooks yang bisa membantu Anda dalam hal pembukuan dan akuntansi. Pada software ini menggunakan basis cloud dan mempunyai cara penggunaan yang simpel sehingga bisa dipakai untuk bisnis skala kecil.

Di dalam Freshbooks terdapat beberapa fitur standar pembukuan seperti laporan, time tracking, serta invoice. Hal yang menarik dari Freshbooks ini adalah terdapat fitur untuk melacak penghasilan secara otomatis dan juga pengingat pembayaran.

3. Quickbooks

Software lain yang mungkin layak untuk Anda coba instal dan gunakan untuk keperluan pembukuan toko adalah Quickbooks. Software tersebut mempunyai berbagai macam fungsi terkait dengan pembukuan dan akuntansi yang cukup lengkap.

Pada Quickbooks pengguna dapat membuat faktur serta melampirkan foto atau catatan transaksi. Hal tersebut tentu cukup penting terutama apabila Anda ingin melakukan pembuatan laporan toko secara berkala.

Selain itu, berbagai fitur seperti laporan keuntungan, laporan kerugian, neraca, laporan pembelian, dan fitur lainnya juga terdapat di dalam software ini. Dengan semua fitur tersebut, tentu pembuatan catatan pembukuan toko bisa jadi lebih mudah.

Berbagai rekomendasi software di atas semuanya mempunyai cara pemakaian yang terbilang simpel dan sederhana. Jadi, untuk pengguna dari berbagai macam latar belakang diharapkan tidak akan terlalu menemukan banyak kesulitan saat menggunakan software tersebut.

Itulah tadi berbagai software dan aplikasi pembukuan toko terbaik untuk Anda coba. Manfaatkanlah rekomendasi di atas supaya Anda dapat melakukan pencatatan kegiatan usaha toko secara lebih efisien, cepat, dan pastinya akurat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment