Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

Untuk dapat menonton siaran tv digital, Anda tidak harus membeli tv yang digital. Hal itu karena terdapat cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa yang dapat untuk Anda gunakan.

Cara tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan alat bernama set top box. Dengan alat tersebut, tv Anda yang belum mempunyai fitur siaran digital tetap bisa menangkap siarannya.

Lalu bagaimanakah cara untuk menggunakan set top box tersebut? Bagi Anda yang mungkin masih belum tahu caranya, dapat langsung saja menyimak pada penjelasan yang ada di bawah ini.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Indonesia dengan Set Top Box

mendapatkan siaran digital dengan antena biasa

Pada dasarnya siaran digital tidak jauh berbeda dengan siaran analog yang sebelumnya biasa dinikmati. Hanya saja, pada siaran tv digital, kualitas gambar dan suara yang disajikan jauh lebih baik dibandingkan yang analog.

Nah untuk cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa, Anda bisa menggunakan bantuan set to box DVB T2. Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana mendapatkan sinyal digital menggunakan STB.

1. Pastikan Siaran Sudah Digital

Migrasi ke siaran digital membuat banyak orang awam bertanya tentang apakah tv digital bisa pakai antena biasa atau tidak. Berdasarkan pertanyaan tersebut, jawabannya tentu saja bisa.

Namun, untuk melakukannya, pertama harus dipastikan terlebih dahulu apakah sinyal siaran digital tersebut sudah ada di daerah Anda. Jika tidak ada, maka dengan menggunakan tv digital pun siarannya tidak akan muncul.

Nah, untuk mengetahui ada tidaknya sinyal digital tersebut, terdapat dua cara yang dapat dilakukan. Anda bisa cek langsung pada situs resmi kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran atau dengan download aplikasi sinyal TV Digital dari Google Play Store.

Khusus untuk melihat dari aplikasi, tentunya Anda harus download dan instal terlebih dahulu aplikasi tersebut. Setelah itu, tinggal buka saja aplikasinya dan berikan izin akses aplikasi untuk mengetahui lokasi Anda.

Baca Juga:  Frekuensi Televisi Digital Palembang, Cek Disini

Selanjutnya, dari aplikasi akan menampilkan informasi siaran digital sesuai dengan lokasi tempat tinggal Anda. Cocokkanlah informasi tersebut untuk melihat apakah lokasi sudah dapat siaran digital atau belum.

2. Pasang Antena UHF

Setelah memastikan bahwa daerah Anda sudah ada sinyal tv digital, maka berikutnya Anda bisa persiapkan antena UHF. Untuk antena UHF ini Anda bisa menggunakan antena tv biasa yang sebelumnya digunakan menonton siaran tv analog.

Namun, terkait apakah antena biasa bisa untuk tv digital ini bisa maksimal, tentu tergantung dari posisinya antenanya. Untuk hasil yang lebih maksimal, tentu disarankan untuk menaruh antena secara outdoor karena posisinya tidak terhalang bangunan.

3. Persiapkan Set Top Box DVB T2

Jika antena sudah siap, maka Anda dapat lanjut ke cara mendapatkan siaran tv digital berikutnya yaitu mempersiapkan set top box DVB T2. Anda dapat membelinya terlebih dahulu secara online ataupun beli langsung di toko elektronik.

Selain itu, untuk penerima bantuan dari kominfo, bisa saja mendapatkan set top box secara gratis. Namun, jika Anda tidak termasuk dalam penerima bantuan, maka bisa membelinya saja karena harganya tidak terlalu mahal.

4. Pasang Set Top Box

Selanjutnya, Anda dapat melakukan pemasangan set top box pada tv. Untuk menyambungkan STB ini, caranya tentu tidaklah sulit karena tinggal menghubungkan kabel RCA ataupun HDMI ke televisi.

Setelah itu, hubungkan juga kabel antena tv UHF ke alat set top box. Pastikan pemasangan dari kabel tersebut dilakukan dengan benar agar tv analog Anda bisa menampilkan siaran digital dengan antena biasa.

Jika sudah berhasil dipasang, maka berikutnya Anda dapat masuk ke menu AV ataupun HDMI sesuai kabel port yang digunakan untuk menghubungkan. Setelah itu, langsung saja hidupkan set top box dan masuk ke menu.

Baca Juga:  Pengertian dan Perbedaan TV Analog Dan Digital, Yuk Caritahu Disini!

5. Cari Siaran Digital Lewat TV Analog

Setelah masuk pada menu di set top box, Anda dapat melanjutkan untuk mencari saluran siaran digital. Untuk melakukan hal ini, pilih saja pada menu pencarian saluran atau program siaran digital.

Untuk pencarian channel ini terdapat dua macam metode yang bisa dipilih, yakni pencarian manual dan juga otomatis. Apabila Anda menginginkan cara mendapatkan sinyal tv digital secara maksimal serta mudah, maka bisa pilih saja pencarian otomatis.

Tunggu beberapa saat sampai proses pencarian channel digital selesai dilakukan. Pada saat sudah selesai, maka otomatis akan ditampilkan siaran channel pertama pada hasil scanning siaran digital tadi.

Selanjutnya, untuk mengoperasikan saluran tv digital pakai antena biasa ini, Anda bisa menggunakan remote bawaan dari STB. Pada remote tersebut telah diberikan beberapa pengaturan dasar seperti pengatur volume, pemindah channel, dan lain sebagainya.

Cara Cek TV Sudah Digital Atau Belum

Peralihan dari tv analog ke siaran digital sebenarnya telah diberitahukan oleh pemerintah jauh-jauh hari. Namun, ternyata tidak sedikit masyarakat yang kurang begitu paham tentang perbedaan dari tv digital dan juga tv analog.

Padahal, cara sederhana seperti itu cukup penting untuk menentukan apakah Anda harus beli STB atau tidak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda cari tahu tentang cara mengetahui tv sudah digital atau belum pada ulasan berikut ini.

1. Cek Spesifikasi Pada TV

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk cek tv sudah digital atau belum adalah dengan melihat spesifikasi tv Anda. Untuk melihat spesifikasi tersebut, Anda bisa mengecek pada bagian belakang tv.

Apabila terdapat spesifikasi seperti digital tuner, DTV ready, DVB T2, ataupun digital built in tuner, maka bisa dipastikan tv sudah bisa siaran digital. Namun jika tidak ada, maka tv belum bisa menampilkan siaran digital.

Baca Juga:  Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay dengan Mudah

2. Cek Spesifikasi Pada Manual

Spesifikasi tv juga dapat dicek dengan melihat pada buku panduan manual. Selain itu, bisa juga Anda mencari tahu lewat website resmi dari pabrikan yang membuat tv Anda.

3. Periksa Channel Digital

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa channel di TV. Apabila telah ditemukan channel seperti TVRI World, Mentari TV, ataupun Nusantara TV, maka dapat dikatakan bahwa tv Anda sudah support siaran digital.

Sebaliknya, jika hanya menemukan channel biasa seperti RCTI, SCTV, Indosiar, dan channel analog lainnya, maka tv Anda belum support digital. Saat memang kondisinya seperti ini, Anda dapat menggunakan bantuan dari set top box DVB T2.

4. Cek di Website Resmi Kominfo

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk cek tv support digital atau belum adalah dengan melihat di website resmi kominfo. Dari website tersebut bisa diketahui merek tv apa saja yang sudah mempunyai fitur siaran digital.

Apabila setelah pencarian tv yang digunakan belum terdaftar, maka itu artinya tv belum support untuk menampilkan siaran digital. Selain melihat informasi tv digital, di website tersebut bisa juga dilihat apa saja rekomendasi STB dari Kominfo.

Itulah penjelasan lengkap tentang cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa. Cara tersebut bisa dilakukan untuk Anda yang mungkin mempunyai TV yang belum dapat support siaran digital.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment