Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri Tanpa Diketahui

Jika kamu bertanya kenapa bluetooth nyala sendiri, hal tersebut cukup wajar terjadi di ponsel android. Hal ini karena keamanan yang tinggi dari ponsel android keluaran terbaru. Jadi biasanya baik bluetooth atau WIFI menyala sendiri setelah melakukan booting.

Apa itu bluetooth?

Bluetooth merupakan salah satu fitur dari  perangkat media komunikasi yang biasanya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat dalam melakukan sebuah aktivitas. Fungsi dari bluetooth sebenarnya sebagai media kirim file atau sharing . File tersebut dapat berupa dokumen, audio, atau video.

Namun seiring perkembangan zaman, bluetooth kini beralih fungsi sebagai media penghubung TWS ( True Wireless Stereo ). Hal ini karena kecepatan pengiriman bluetooth dengan aplikasi lain berbeda. Sehingga banyak yang mengalihkan fungsi sebenarnya dari bluetooth.

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri

Bluetooth nyala sendiri

Fitur yang tetap melekat pada ponsel jenis android ini sering menyala sendiri sehingga membuat baterai menjadi cepat habis. Berikut ini adalah alasan kenapa bluetooth sering nyala tanpa diaktifkan.

Alasan utama kenapa bluetooth nyala sendiri adalah karena terdapat pemindaian dari fitur ponsel tersebut agar dapat meningkatkan akurasi lokasi. Alasan keduanya adalah karena ada faktor pemberian izin yang diberikan pengguna ke aplikasi yang dapat mengubah pengaturan dari sistem.

Jika ponsel memiliki fitur Quick Device Connect, bluetooth  juga bisa menyala sendiri secara otomatis. Selain itu penyebab lain yang dapat membuat bluetooth nyala sendiri adalah keadaan ponsel yang error dan lelah.

Cara mengatasi bluetooth nyala sendiri

Berikut ini adalah cara mengatasi bluetooth menyala secara otomatis tanpa diaktifkan.

1. Restart ponsel

Langkah mudah pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi fitur ponsel ini menyala sendiri adalah dengan melakukan restart. Untuk pengguna ponsel android, kamu cukup swipe layar atas hingga menampilkan menu bluetooth. Matikan fitur tersebut kemudian restart ponsel.

Baca Juga:  Cara Mengisi Freon Kulkas Sendiri di Rumah dengan Aman

2. Ubah pengaturan ponsel

Biasanya tanpa sadar, ada pihak ketiga dari fitur ponsel yang dapat mengaktifkan bluetooth tanpa diminta. Untuk mengatasi hal ini kamu cukup membuka menu pengaturan dan pilih opsi ‘Apps and Notifications’. Pilih aplikasi untuk mencabut perizinan menyala otomatis. Klik opsi ‘Modify System Settings’ yang ada di menu advance kemudian lanjutkan ke toggle case agar izin modifikasi sistem untuk menonaktifkan bluetooth bisa dilakukan.

3. Matikan akurasi lokasi

Setiap perangkat memiliki perangkat GPS yang menggunakan bantuan dari WIFI dan Bluetooth. Biasanya hal ini yang membuat fitur ini menyala sendiri. Untuk mengatasinya kamu dapat membuka menu setting di ponsel terlebih dulu. Kemudian tuju menu ‘location’ dan pilih WIFI and Bluetooth scanning’’. Nonaktifkan fitur bluetooth scanning dengan cara menggeser tombol toggle case.

4. Atur bluetooth

Bisa saja fitur bluetooth terkena bug dari aplikasi lain yang baru kamu instal. Hal ini bisa membuat bluetooth menyala tanpa perintah.  Untuk mengatasi hal ini  kamu perlu melakukan setting ulang fitur. Pertama buka setting yang ada di ponsel android. Pilih opsi menu Network and Internet kemudian pilih bluetooth dan geser toggle case.

5. Atur preferensi internet

Kamu juga dapat mengatur koneksi agar perangkat bluetooth tidak menyala sendiri. Buka menu  setting kemudian pilih opsi  ‘Connected Device.  Lanjutkan dengan  memilih menu Driving Mode dan klik Turn On Automatically. Akan ada menu Advance lalu klik dengan mengetuk opsi Turn On Bluetooth Automatically.

6. Matikan tethering bluetooth

Sebagai pengguna aktif bluetooth tethering pada ponsel agar bisa berbagi koneksi internet biasanya membuat perangkat ini menyala sendiri dalam mode otomatis. Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat memulainya dengan melakukan setting pada menu setelah di ponsel. Pilih opsi menu jaringan dan internet. Lanjutkan ke meni hotspot and tethering dan mematikan bluetooth tethering.

Baca Juga:  5 Types of Malaysian Driving License (LMM) You Must Know

7. Aktifkan safe mode

Android memiliki fitur handal bernama safe mode yang dapat mendeteksi keanehan pada ponsel. Dengan mengaktifkan mode ini, maka secara otomatis setiap layanan dari aplikasi pihak ketiga akan mati. Hal ini akan memudahkan kamu saat mengidentifikasi kesalahan pada ponsel.

Untuk mengaktifkan mode ini kamu cukup mematikan ponsel terlebih dulu. Nyalakan kembali ponsel hingga muncul mode low dan lanjut dengan menekan tombol volume turun (-).

Bahaya perangkat bluetooth sering menyala

Bluetooth yang dibiarkan tetap menyala meski tidak digunakan dapat menimbulkan bahaya. Salah satu dari bahaya tersebut adalah data ponsel yang dapat dicuri oleh hacker. Hal inilah yang membuat pentingnya fitur perangkat tersebut dimatikan.

Jika kamu adalah pengguna aktif headset bluetooth, pemakaian barang yang langsung menyambung dengan fitur perangkat tersebut juga memiliki bahaya yang lebih baik dihindari. Meskipun banyak yang sering menggunakan barang ini karena terkesan lebih praktis dan simpel.

Penggunaan headset dalam jangka waktu yang panjang dapat membuat efek yang berbahaya bagi kesehatan. Masalah tersebut seperti risiko tumor otak, tinnitus. Untuk ibu hamil, terlalu sering menggunakan perangkat ini dapat membuat risiko kegurusan yang tinggi serta dapat melahirkan anak dengan ADHD or attention deficit hyperactivity disorder.

Meskipun dampak yang disebabkan headset bluetooth tersebut begitu berbahaya, nyatanya penelitian ini belum dibuktikan kebenarannya. Peneliti hanya menyimpulkan bahwa bluetooth dapat menyebabkan radiasi yang begitu berbahaya untuk kesehatan manusia.

Manfaat penggunaan bluetooth dalam dunia kerja

Tak selalu berdampak negatif, bluetooth yang menyala juga dapat memberikan dampak positif dalam dunia kerja. Bluetooth memiliki fungsi yang mempermudah pekerja saat akan mengeprint laporan tanpa menggunakan kabel. Hal ini karena kebanyakn dalam dunia kerja penggunaan perangkat dengan kabel sangat minim.

Baca Juga:  Pengertian R Tabel Uji Validitas dan Cara Menggunakannya, Cek Berikut!

Berikut manfaat bluetooth dalam dunia kerja

  1. digunakan pada wireless mouse

Mouse nirkabel sangat sering digunakan oleh pekerja kantoran karena dirasa lebih nyaman dari touchpad di laptop atau mouse kabel. Wireless mouse menggunakan fitur bluetooth yang menyambungkan dua perangkat.

  1. penghubung audio laptop dengan headphone/handsfree

Pandemi mengubah kehidupan masyarakat dalam beberapa termasuk dunia kerja. Jika biasanya meeting selalu dilakukan dengan tatap muka, sejak pandemi kegiatan ini dilakukan secara offline. Hal ini yang membuat keberadaan bluetooth sangat membantu.

Adanya wireless headphone sangat membantu pekerja saat harus melakukan kegiatan meeting tanpa harus kewalahan dengan kabel. Jadi kamu dapat tetap melakukan peregangan saat rapat berlangsung.

  1. Cetak dokumen dengan printer wireless

Bila dulu banyak ditemui printer yang menggunakan kabel melilit, kini melakukan pencetakan dokumen dapat dilakukan dengan mudah. Printer wireless dapat digunakan dengan menghubungkan bluetooth dari kedua perangkat. Hal ini membuat kamu tidak lagi kebingungan dan pekerjaan jadi lebih mudah dikerjakan.

  1. Cetak dan Kirim data

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa fungsi dari bluetooth adalah untuk kemudahan pengiriman file. Kamu dapat menggunakan bantuan perangkat ini untuk mengirim dan menerima data seperti gambar, dokumen, suara atau yang lain. Pengiriman ini dapat kamu lakukan pada ponsel dan laptop.

Itulah beberapa alasan kenapa bluetooth nyala sendiri, cara mengatasi, bahaya hingga manfaat dari perangkat tersebut. Semoga artikel ini membantu permasalahan kamu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment