Daftar Kode Remot TV Sony dan Cara Penggunaannya

Merek TV Sony adalah salah satu merek TV terbaik dan paling banyak dipakai di Indonesia. TV Sony terkenal dengan daya tahan dan kualitasnya yang terjamin. Kali ini Kami akan mengulas terkait kode remot TV Sony dan  cara setting remote tv sony dengan baik dan benar.

Sony menjadi perusahaan elektronik terkemuka di Jepang Kantor pusatnya berlokasi di  Tokyo, Jepang. Sebagai contoh, banyak produk andalan Sony  adalah konsol game PlayStation dan perangkat elektronik lainnya, termasuk televisi atau TV.

Televisi merek Sony dikenal sebagai salah satu merek televisi terbaik. Kualitas  TV merek Sony sangat baik dan juga tersedia  dalam fitur TV LCD. Apalagi, TV Sony juga dikenal awet dan tahan lama dibandingkan merek TV lainnya. Salah satu masalah yang mungkin dihadapi pemilik TV adalah remote TV yang rusak atau hilang. Seperti yang kita ketahui bersama, sangat sedikit produsen TV yang hanya menjual remote control, termasuk  juga Sony.

Remote control adalah alat kendali jarak jauh yang dimiliki oleh perangkat elektronik tertentu, seperti televisi, pemutar DVD, parabola, atau arus bolak-balik. Berkat adanya remote, kita jadi lebih mudah mengontrol perangkat elektronik.

Lantas bagaimana kalau remot TV Sony asli itu rusak? Cara mengatasinya, Kamu dapat membeli remot TV universal multi joker yang dapat dipakai pada semua merk TV yang ada. Untuk dapat memakainya di Sony, terdapat setting dan kode remot khusus yang perlu dimasukkan. Kode remot TV joker ada untuk seluruh merk TV, termasuk juga Sony.

Umumnya kerusakan remote tidak dapat diatasi dengan mudah. Oleh sebab itu sering kali Kamu harus membeli remote baru. Harga remote televisi asli bawaan tv umumnya agak mahal. Bahkan sering kali Kamu tidak dapat membeli remote ori pada merk tv tertentu. Jadi, mau tidak mau Kamu wajib membeli remot tv universal.

Baca Juga:  Kabel yang Biasa Digunakan Dalam Jaringan Adalah UTP, STP, Coaxial, dan Serat Optik

Kode remot TV universal ini umumnya terdiri atas 3 digit. Pada setiap TV dapat mempunyai banyak kode yang pas, cukup mencoba apa yang bekerja dan juga mana yang tidak. Cara setting remot TV pun perlu diperhatikan supaya remot TV joker ini dapat bekerja di TV kita.

Remote Universal TV Sony

Daftar Kode Remote Universal TV Sony

Remote universal adalah jenis remote yang bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai merk TV. Kamu dapat menggunakan remote universal untuk mengubah remote bawaan tv, misalnya TV Samsung, Sony, Polytron Panasonic, Sharp, LG dan banyak lainnya.

Supaya bisa tersambung pada TV Sony yang mau dioperasikan, Kamu dulu memasukkan kode remote yang pas sesuai merk TV yang akan dikontrol. Pada tiap merk dan jenis tv memiliki kode remote yang berbeda. Di bawah ini merupakan tabel kode remot untuk TV yang lengkap

TV Sony Tabung: 005, 238, 135, 041, 237,049, 094, 106, 023,148

TV sony LED atau LCD: Untuk Kamu pengguna TV Sony Tipe LCD dan LED bisa memasukkan ke kode remote tv Sony LED di bawah ini : 023 atau 135.

Kode remote TV pada merk TV lainnya bisa dilihat pada postingan kumpulan kode remot TV universal.

Cara Memasukkan Kode Remot Universal

Memiliki remot universal merupakan cara untuk menangani remot TV bawaan TV Sony yang hilang ataupun rusak. Namun, Kamu tidak bisa menjalankan remote universal ini dengan langsung.

Anda harus memasukkan lebih dahulu kode remote sesuai merk dan jenis tv yang ingin dipasangkan. Kamu dapat melakukan setting remot universal dengan cara manual ataupun auto:

Cara manual

Berikut ini ini adalah cara untuk setting kode remote TV Sony Universal.

  • Hidupkan televisi
  • Tekan dan tahan tombol Set di remot, lalu tekan tombol Power remot.
  • Lampu indikator di remote akan menyala. Jika tidak maka coba ulangi lagi langkah di atas.
  • Isikan salah satu kode remot yang tertera di daftar kode remote TV Sony di atas.
  • Jika kode yang Kamu isi adalah tepat, maka lampu Power remote segera mati.
  • Coba gunakan remot untuk mengerjakan TV Kamu.
Baca Juga:  4 Jenis Transistor: Fungsi, Prinsip Kerja Serta Klasifikasinya

Jika tidak bekerja, maka ulangi kembali cara di atas namun isi kode remote yang beda. Pilihlah kode remot yang sesuai dengan TV Kamu.

Cara Auto

  • Hidupkan lebih dulu TV Sony Kamu dan pilih di channel TV apapun.
  • Ambil remot universal lalu arahkan ke TV Sony.
  • Selanjutnya tekan sambil tahan tombol SET hingga lampu indikator di remote hidup.
  • Kemudian, tekan berulang kali tombol VOL + di remote sampai TV merespon dengan tanda suara TV yang makin besar.
  • Sesudah itu, tekan tombol VOL lagi beberapa kali hingga suara TV berubah semakin kecil.
  • Tekan lagi tombol SET di remot sampai lampu indikator mati.
  • Remot universal-mu telah bisa digunakan.

Perlu Kamu ketahui, ada berbagai tipe dan merk remote universal yang ada di pasaran. Di antaranya terdapat yang tak tersedia lampu indikator. Meski begitu, metode mengisi kode remote mirip seperti yang diulas di atas.

Penyebab Remot Tidak Dapat Berfungsi

Penyebab Remot Tidak Dapat Berfungsi

Terdapat berbagai faktor yang bisa membuat remote universal tak berfungsi saat dipakai walaupun Kamu sudah memasukkan kode remote dengan tepat. Lantas, Apa saja penyebabnya ? Berikut ini adalah ulasannya:

Salah menginput nomor kode

Pada jenis remote tertentu, kebanyakan memiliki beberapa kode remot yang tak sama. Tidak semua kode remot bisa dengan benar digunakan.

Kalau remot universal tidak bekerja meskipun sudah mengisikan kode, cobalah untuk mengubah kode remot lainnya agar memperoleh kode yang tepat.

Salah Mengisikan kode remote

Remote universal tidak bekerja juga dapat karena salah mengisikan kode remote. Oleh sebab itu Kamu harus mengikuti cara setting kode remote dengan tepat dan sesuai panduan di atas.

Baterai remot habis atau lemah

Kalau Kamu menemukan remot tiba tiba tidak bekerja dengan baik, coba ganti baterainya menggunakan yang baru. Itu bisa saja karena baterai remot yang sudah habis.

Baca Juga:  Pengertian Photodiode: Jenis, Fungsi, Prinsip Kerja Serta Aplikasinya

Tipe remote tidak cocok

Penyebab remote tidak bekerja dengan baik dapat juga karena sistem software remot yang tidak cocok pada jenis TV yang Kamu punya. Cara mengatasinya yaitu bisa dengan memilih jenis remot universal lain yang cocok dengan TV milikmu.

Terdapat beberapa contoh merk remote universal yang dapat Kamu beli :

  • Joker
  • Chungnhop
  • Shimura
  • Huayu
  • Souer
  • Multisonic

Informasi terkait daftar kode remot TV Sony juga cara settingnya pada TV merk Sony dapat Kamu pelajari di atas. Remot TV universal ini dapat dipakai pada semua merk TV salah satunya TV Sony. Asalkan dengan langkah yang benar dan kode yang sesuai, maka remot TV tersebut pasti akan bekerja.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment