Mengatasi Kompresor Kulkas Hidup tapi Tidak Dingin

Sebagai salah satu bagian kulkas paling penting, akan sangat berdampak ketika kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin. Penyebab masalah tersebut cukup kompleks, sehingga sebelum memperbaiki komponen tersebut perlu dicari tahu apa penyebab pastinya.

Kompresor memiliki banyak peran penting dalam menjaga performa kulkas lebih maksimal. Peran paling pentingnya adalah menghisap cairan refrigerant sehingga terkondensasi di suhu yang rendah, kemudian menekan gas refrigerant yang akan mengalir pada kondensor dan memompa gas refrigerant.

Apa Penyebab Kompresor Kulkas Hidup tapi Tidak Dingin?

Mengatasi Kompresor Kulkas Hidup tapi Tidak Dingin

Jangan langsung melakukan penggantian kompresor, ketika tak mampu membuat ruangan di dalam kulkas menjadi dingin. Cek penyebabnya berikut ini agar Anda tidak salah melakukan tindakan antisipasi.

Pintu Kulkas Tidak Rapat

Saat karet pada sisi pintu kulkas tidak lagi mampu bekerja menutup rapat pintu kulkas, maka ketika proses pendinginan akan terkontaminasi oleh suhu ruangan dari luar kulkas. Apalagi kalau sudah terjadi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, dampaknya buruk bagi kompresor.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapati karet penutup kulkas sudah aus dan rusak sebaiknya segera ganti dengan yang lebih baru dan bisa menempel sempurna saat ditutup.

Freon Habis

Ini akan menjadi masalah utama dari kondisi ketika kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin. meskipun begitu, Anda bisa menyiasati masalah ini segera mengisi freon sesuai kapasitas dari penggunaannya.

Bocornya Pipa Evaporator

Pipa evaporator bisa saja bocor akibat kondisi panas yang berlebih, bisa juga karena hal lainnya. alhasil, freon yang ada di dalamnya akan mudah keluar lewat bagian pipa bocor tersebut. dampaknya, tingkat dingin dari kulkas menjadi tidak maksimal.

Jika dibiarkan, maka dampaknya bukan saja kepada kinerja evaporator saja tapi berimbas pada komponen lain yang saling terkoneksi.

Kalau memang kondisi kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin terjadi akibat masalah ini, solusinya adalah menambal bagian yang bocor tersebut. gunakan material tambalan yang tepat dan tahan lama.

Baca Juga:  Penyebab Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku dan Mengatasinya

Bagian Saluran Freon Bermasalah

Penyebab yang juga sering terjadi adalah saluran komponen freon tidak lancar akibat mampet. Kondisi ini bisa terjadi berulang, jika pemilik kulkas tidak melakukan pembersihan saluran freon secara berkala untuk mengantisipasi saluran mapet.

Dampak dari masalah ini adalah, freon yang seharusnya bisa diolah menjadi maksimal mendinginkan kulkas menjadi tidak bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan karena jumlahnya berkurang.

Kapasitas Penyimpanan Full

Kulkas memiliki kapasitas maksimal penyimpanan makanan dan minuman, kalau sudah full atau bahkan overcapacity tentunya tingkat dingin di dalam area kulkas tidak maksimal. Meskipun kondisi kompresor masih baik-baik saja dan indikator dingin sudah pada posisi maksimal.

Evaporator Ditutupi Es

Bagian evaporator bisa saja tertutupi salju es, apalagi jika bagian ujung pipanya yang tertutup akan membuat sistem pendingin tidak bekerja dengan baik. Berdampak pada kulkas menjadi tidak dingin.

Memasukkan Makanan Panas

Kebiasaan memasukkan makanan panas langsung ke dalam kulkas, juga akan menjadi penyebab kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin. Suhu panas dari makanan akan mendominasi suhu dingin di dalam kulkas, sehingga tingkat dingin dari kulkas jadi berkurang.

Cara Merawat Kompresor Kulkas agar Tahan Lama

Supaya masalah kulkas hidup tapi tidak dingin bisa diatasi, sebenarnya mudah. Bahkan bisa dicegah agar tidak terjadi, yaitu dengan merawat kulkas semaksimal mungkin. Bagaimana cara merawat bagian kompresor dan komponen lainnya pada lemari pendingin tersebut?

Jarak Antara Kulkas dan Dinding Bangunan

Jangan terlalu mepet menempatkan kulkas pada dinding ruangan, pastikan tersedia jarak yang sesuai yaitu antara 15-20 cm dari permukaan dinding.

Fungsinya adalah untuk memastikan hawa panas dari kondensor dapat keluar dengan baik dan tidak terkurung di kawasan dinding belakang kulkas. Ini akan mengurangi kemungkinan penyebab kompresor kulkas mati dan tidak berfungsi lagi.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi TVRI Nasional di Telkom 4 Terlengkap

Posisi Kulkas Jauh Dari Panas

Pastikan kulkas ditempatkan jauh dari perangkat masak yang mengeluarkan panas. Misalnya kompor atau microwave. Jika memang tidak ada ruang di dapur untuk menempatkan kulkas, lebih baik pilih ruangan lain.

Kenapa begitu? Ketika suhu panas yang dihasilkan oleh kompor atau perangkat lainnya bertemu dengan suhu dingin dari kulkas, maka bisa mengakibatkan kerusakan lebih cepat pada komponen kulkas.

Membersihkan Kulkas

Bersihkan kulkas secara berkala, pastikan membersihkannya dalam kondisi mati dan gunakan air bersih beserta sabun yang aman untuk pembersihan kulkas. Salah satunya adalah sabun dengan kandungan antiseptik.

Sabun tersebut, akan membantu meminimalisir noda dan karat pada permukaan kulkas bagian luar dan dalam. Cara membersihkan yang benar juga akan menjadi upaya meminimalisir penyebab showcase tidak dingin.

Jangan Biarkan Kulkas Terlalu Penuh

Isilah kulkas dengan bahan makanan dan minuman seperlunya, supaya tingkat dinginnya tetap maksimal. Jika terlihat sudah overcapacity, segera keluarkan bahan-bahan yang bisa segera digunakan untuk membuat suhu tetap stabil dinginnya.

Tutup Rapat Kulkas

Pastikan untuk menutup pintu kulkas dengan erat dan rapat setelah dibuka, memang terkesan berlebihan tapi inilah cara paling mudah merawat kulkas dan memastikan masalah kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin dapat diminimalisir.

Kondensor Wajib Dibersihkan

Bersihkan bagian kondensor secara berkala, gunakan bahan yang tepat saat membersihkan supaya tidak membuat komponennya bermasalah.

Pentingnya Menjaga Kondisi Kompresor Agar Tetap Awet

Kompresor merupakan salah satu komponen penting pada kulkas, wajib dijaga kondisinya agar tetap maksimal bekerja dalam proses mendinginkan lemari es tersebut. berbagai upaya bisa dilakukan untuk meminimalisir kerusakannya.

Seperti memasang stabilizer tegangan, dimana ketika tegangan listrik di area rumah Anda tidak stabil maka tidak akan berimbas pada kinerja kulkas. Biasanya akan dibutuhkan ketika tegangan listrik di sebuah rumah kecil dari 220 V. Kalau lebih dari itu, biasanya kestabilan tegangan lebih baik sehingga tidak butuh stabilizer.

Baca Juga:  9 Daftar Kode Remot TV Advance Terbaru Tahun 2024 dan Cara Setingnya

Cara menjaga kompresor yang juga perlu diperhatikan adalah, usahakan untuk tidak memindahkan kulkas dalam kondisi miring. Tetap tegak sehingga tidak ada komponen yang bergeser dari posisinya, termasuk kompresor.

Jika posisi komponen bergeser, akan cenderung membuatnya mudah rusak dan tidak dapat berfungsi baik lagi. Oleh karena itu, biasanya disarankan memberikan alas di bagian bawah kulkas seperti roda atau alas karet yang akan memudahkan ketika akan memindahkannya dari satu posisi ke posisi lain.

Untuk menjaga kompresor awet dan bisa berfungsi tanpa harus khawatir berapa lama kompresor kulkas menyala, pemilik kulkas juga harus senantiasa aware terhadap kondisi suhu dingin di dalam kulkas. Jika sudah terlalu dingin, bisa menurunkan setelan suhu menjadi stabil supaya kinerja kompresor tidak terlalu berat.

Ciri Kompresor Kulkas Sudah Rusak

Untuk mengenali kondisi kompresor yang sudah mengalami kerusakan, ada beberapa ciri utamanya selain kulkas nyata tapi tidak dingin. Berikut ini penjelasannya.

  • Kulkas mengeluarkan suara berisik tidak seperti biasa, hal itu disebabkan komponen kompresor yang tidak lagi layak pakai
  • Bagian kompresor mengeluarkan bunyi mendengung
  • Saat pengecekan ampere kompresor, akan terlihat kenaikan angka yang sangat signifikan dari kondisi normal
  • Kompresor mati dan tidak berfungsi lagi

Semoga informasi tentang kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin membantu Anda mencarikan solusi, terkait masalah kompresor kulkas yang tidak lagi berfungsi bagus.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment