Frekuensi RTV MPEG-2 dan MPEG-4 di Satelit Telkom-4, Terbaru 2024

Sudahkah kamu tahu frekuensi RTV MPEG-2 dan MPEG-4 satelit Telkom-4? Saat ini, RTV sering mengalami perubahan frekuensi karena pembaruan dari pusat dan ada kemungkinan stasiun televisi ini sering hilang tiba-tiba. Agar kamu dapat menonton dan mengakses siaran ini, kamu perlu mengetahui frekuensi RTV terbaru, yang meliputi kode transponder untuk MPEG-2 dan MPEG-4.

Bagi kamu yang penasaran pada pembahasan dan ulasan mengenai frekuensi RTV terbaru MPEG-2 dan MPEG-4 pada satelit Telkom-4, satelit Chinasat 10, dan satelit Palapa D. Kamu dapat menyimak terlebih dahulu ulasan dan penjelasan mengenai RTV berikut ini.

Apa Itu RTV?

Rajawali Televisi atau disingkat dengan RTV adalah jaringan televisi swasta nasional di Indonesia milik perusahaan Rajawali Corpora yang didirikan oleh  Sofia Koswara. RTV diluncurkan pertama kali pada 1 Oktober 2009 sebagai B-Channel dan pada 3 Mei 2014, B-Channel berubah nama menjadi RTV.

Pada awalnya, RTV bersiaran dengan stasiun televisi lokal asal Jakarta bernama B-Channel yang melakukan percobaan pertama kali pada tahun 2007 silam. Kemudian stasiun B-Channel mulai berlangsung secara efektif sejak 20 Oktober 2008. Kehadiran stasiun televisi ini diumumkan ke publik dalam sebuah forum diskusi pada setahun kemudian, tepatnya 29 Oktober 2009.

Jelang beberapa hari, stasiun B-Channel mulai bersiaran secara resmi pada 1 November 2009 dengan hanya cakupan siar di  wilayah Jawa, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pada saat itu, siaran televisi menargetkan program yang ramah keluarga, anak-anak, dan berbasis edukasi.

Pada akhirnya, jelang lima tahun nama baru stasiun B-Channel diungkapkan ke publik dalam konferensi pers pada tanggal 28 April 2014, yaitu RTV. Pada 3 Mei 2014, nama dan logo RTV kemudian diperkenalkan kepada seluruh pemirsa melalui siaran perdana Lensa Indonesia. Berbeda dengan siaran televisi B-Channel yang memfokuskan pada program impor, RTV mengalami perubahan dan pembaruan yang bersifat edukatif. Siaran RTV lebih banyak menyiarkan acara lokal dan in-house daripada program impor.

Baca Juga:  Spesifikasi Kelebihan Nokia G21 Secara Lengkap

Untuk sekarang ini, RTV lebih memfokuskan pada program hiburan, seperti animasi yang cocok untuk anak-anak. Selain itu, kamu juga dapat menonton berbagai liputan terkini dari peristiwa yang sedang terjadi. Sedangkan target pasar stasiun televisi ini akan memfokuskan pada penonton perempuan dan anak-anak dengan kisaran 60% lebih dominan untuk  program anak-anak dan penonton perempuan.

Sementara itu, RTV berkantor pusat di Jl. Thamrin Boulevard, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Logo dari RTV merupakan simbol visi dari kekuasaan dalam menjadikan kemajuan industri pertelevisian Indonesia. Sedangkan, nama Rajawali melambangkan hewan yang kuat di udara, yaitu burung Rajawali. Nama Rajawali Corpora terpilih setelah mantan direktur utama, Maria Goretti Limi melakukan kerjasama dengan agensi penjenamaan pada awal tahun 2014 silam.

Frekuensi  RTV

Frekuensi  RTV 

Seperti yang sudah disebutkan, hilangnya stasiun RTV dari siaran karena frekuensi RTV sering mengalami perubahan. Hal ini disebabkan karena mengalami pembaruan dari pusat. Frekuensi terbaru yang digunakan adalah dengan kode transponder MPEG-2 dan kode transponder MPEG-4.

Dapat dikatakan hilangnya siaran RTV kemungkinan dapat diakibatkan oleh pindahnya satelit yang digunakan dari satelit Palapa D menjadi Telkom-4, baik karena adanya perubahan pada frekuensi maupun kode symbol rate kanal televisi itu sendiri. Meskipun begitu, ada beberapa daerah yang tidak tersedia sinyal saluran RTV sejak awal,  ada juga daerah yang awalnya sinyal saluran RTV tersedia, namun sinyal RTV tiba-tiba hilang karena pembaruan pusat.

Sebenarnya hilangnya stasiun televisi bukan hal aneh dan sering dialami oleh penonton siaran. Pembaruan dari pusat yang menyebabkan hilangnya stasiun televisi memiliki tujuan loh! Meskipun kualitas gambar stasiun televisi sudah jernih dan berkualitas. Namun tujuan dari pembaruan pusat agar kualitas transfer data gambar dan video yang ada pada siaran di stasiun televisi menjadi lebih jernih dan halus.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Filter Frekuensi

Apabila kamu ingin memperbaiki siaran RTV yang hilang, kamu dapat melakukan cara manual, yaitu dengan memasukkan kode symbol rate, audio PID, frekuensi, serta kode lainnya. Stasiun televisi RTV memiliki frekuensi yang berbeda  dengan stasiun televisi lainnya.

Frekuensi  RTV MPEG-2

Frekuensi  RTV MPEG-2 dan MPEG-4 Satelit Telkom-4

Apabila kamu sedang mengalami masalah dengan stasiun televisi RTV. Untuk mengembalikannya kamu perlu memasukkan frekuensi dan symbol rate di RTV. Setiap frekuensi dan symbol rate di RTV satelit melalui Telkom-4 berbeda-beda, salah satunya adalah menggunakan receiver atau decoder MPEG-2 dan MPEG-4.

Frekuensi RTV di  Telkom MPEG-2

Apabila kamu ingin menemukan frekuensi RTV, kamu dapat menggunakan receiver atau decoder MPEG-2 yang satu ini. RTV frekuensi ini memiliki frekuensi kisaran 3949 V 4333 dengan frekuensi transpondernya berada pada 3949 Mhz. Selain itu, frekuensi RTV ini memiliki polarisasi vertikal dengan symbol rate 4333 Msyb.

RTV pada decoder MPEG-2 yang satu ini memiliki kualitas SD dengan tipe Free To Air. Selain itu, satelit Telkom-4 pada frekuensi terletak pada koordinat 108° E.

Frekuensi RTV di Telkom MPEG-4

Kamu tidak hanya dapat menggunakan MPEG-2 saja, tetapi kamu juga dapat menikmati siaran televisi RTV melalui receiver atau decoder MPEG-4. RTV frekuensi ini memiliki frekuensi kisaran 3900 V 29800 pada satelit Telkom-4, di mana memiliki frekuensi transponder berada pada 3900 Mhz dan symbol rate 29800 Msyb.

Selain itu, frekuensi RTV ini memiliki polarisasi vertikal dengan kualitas SD. Satelit Telkom-4 ini memiliki tipe Free To View dengan frekuensi yang terletak pada koordinat 108° E.

Frekuensi RTV di Chinasat 10 MPEG-4

Selain dapat menggunakan MPEG-2 dan MPEG-4 di satelit Telkom, kamu juga dapat menikmati siaran televisi RTV melalui receiver atau decoder MPEG-4 di satelit Chinasat 10.  RTV frekuensi ini memiliki frekuensi kisaran 3560 V 30000 dengan frekuensi transponder berada pada 3560 Mhz dan symbol rate 30000 Msyb.

Baca Juga:  3 Rangkaian Lampu Flip Flop: Prinsip Kerja, Jenis Serta Fungsinya

Selain itu, frekuensi RTV ini memiliki polaritas vertikal dengan kualitas SD. Sedangkan untuk frekuensi ini tipe yang digunakan adalah Free To View. Sementara untuk koordinat frekuensi terletak pada koordinat 110.5° E.

Frekuensi RTV di Palapa D

Satu lagi satelit yang dapat kamu gunakan untuk menemukan frekuensi siaran RTV, selain ketiga yang disebutkan di atas adalah menggunakan satelit Palapa D. Satelit ini terletak pada koordinat 113° Bujur Timur.

Kamu dapat menikmati siaran televisi RTV melalui satelit Palapa D dengan frekuensi kisaran 03863 H 04330 dengan frekuensi transponder berada pada 03863 Mhz dan symbol rate 04330 Msyb. Selain itu, frekuensi RTV ini memiliki polaritas horizontal dengan kode audio PID 411, PCR PID 512, sedangkan video PID 512.

Bagaimana menurut kamu penjelasan perihal frekuensi RTV MPEG-2 dan MPEG-4 satelit Telkom-4, satelit Chinasat 10, dan satelit Palapa D di atas? Semoga ulasan dan penjelasan ini dapat menyelesaikan masalah pada stasiun televisi RTV di rumah kamu yang hilang. Selamat mencoba!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment