Kode Remote TV Panasonic Beserta Cara Menggunakannya

Untuk menggunakan remote universal, Anda perlu mengetahui berbagai kode remote TV Panasonic. Pasalnya, kode ini diperlukan agar remote bisa tersambungkan dengan televisi dan dapat digunakan apabila perangkat aslinya hilang atau rusak.

Penggunaan remote universal memang sudah cukup populer karena selain harganya lebih terjangkau dibandingkan versi original, alat tersebut juga dapat dipakai untuk berbagai merek televisi. Jadi, apabila Anda kehilangan remote asli atau rusak dan tidak ingin keluar uang banyak, alat tersebut bisa menjadi jawabannya.

Pada kali ini akan dijelaskan beberapa code yang bisa Anda pakai untuk televisi merek Panasonic beserta bagaimana cara menggunakannya. Perlu diketahui, mungkin Anda tidak akan langsung berhasil pada percobaan pertama dan harus mencoba kode-kode lainnya.

Mengenal Fungsi dari Kode Remot Panasonic

Mengenal Fungsi dari Kode Remot Panasonic

Sebelum ke pembahasan utama, mungkin Anda perlu mengetahui terlebih dahulu hal-hal mendasar seperti bagaimana cara kerja dari kode yang akan dijelaskan nantinya. Pada dasarnya, kode ini berfungsi menjadi penghubung antara remot dan televisi.

Seperti kita ketahui, remot universal bisa digunakan untuk berbagai merek TV, namun harus menggunakan kode yang berbeda-beda. Ketika kode yang dimasukkan cocok, maka perangkat tersebut langsung bisa Anda gunakan untuk menyalakan TV, mengganti channel, atau menu-menu lainnya.

Daftar Kode Remote TV Panasonic LED

Daftar Kode Remote TV Panasonic LED

TV jenis LED merupakan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena gambarnya lebih jernih dan fiturnya cukup lengkap. Jika Anda merupakan salah satu pengguna jenis TV ini dan kehilangan remot, silakan gunakan kode remot TV Panasonic LED berikut ini.

Anda bisa memakai beberapa code seperti 021, 015, 001, 014, 020, 066, 022, dan 059. Jika satu code tidak bisa, cobalah kode lainnya hingga kedua perangkat terhubung. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur kode remot TV Panasonic.

  • Siapkan remote universal
  • Pencet lalu tahan tombol SET dan Power beberapa saat.
  • Tunggu sampai lampu indikator menyala
  • Masukkan salah satu kode dari daftar di atas, sebagai contoh adalah 021
  • Lampu indikator yang menyala akan mati
  • Selesai
Baca Juga:  Kulkas GEA Bagus Tidak? Ini 8 Kelebihan dan Kekurangannya!

Setelah lampu indikator mati, itu berarti remot telah terhubung dengan televisi. Silakan Anda coba gunakan untuk beberapa fungsi seperti mengatur volume, mengubah channel, membuka menu, dan sebagainya guna memastikan semua tombol sudah benar.

Daftar Kode Remote TV Panasonic Tabung

Meskipun TV LED memiliki banyak pengguna, namun masih ada juga beberapa orang yang menggunakan jenis TV tabung. Hal tersebut dikarenakan produk Panasonic memang memiliki daya tahan sangat baik sehingga TV tabung dari dulu masih bisa digunakan walaupun terkadang terkendala pada remotnya.

Seperti halnya televisi LED, kode untuk jenis tabung juga sama, yakni terdiri dari 3 digit angka dan memiliki banyak alternatif apabila terdapat masalah pada code tersebut. Anda bisa menggunakan kode remot Panasonic tabung 001, 014, 015, 022, 021, 059, dan juga 020. Untuk mengatur, silakan ikuti langkah berikut.

  • Siapkan remot universal
  • Pencet dan tahan tombol setting atau SET bersamaan dengan tombol power
  • Tunggu hingga lampu indikator menyala merah
  • Jika sudah menyala, lepaskan tombol tersebut
  • Masukkan kombinasi code sesuai daftar di atas secara berurutan
  • Tunggu sampai lampu indikator mati
  • Selesai

Untuk memastikan code berfungsi dengan baik, silakan coba berbagai tombol dan menu seperti volume, channel, power, dan lain-lain. Apabila terdapat masalah, ulangi langkah tersebut dengan code yang berbeda.

Daftar Kode Remot TV Panasonic Joker

Istilah remot joker adalah sebutan untuk remot universal karena dapat dipakai untuk berbagai merek televisi. Dengan menggunakan kode remot Joker Panasonic, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu besar untuk membeli versi originalnya.

Daftar code remote joker untuk televisi Panasonic adalah 022, 015, 021, 001, 014, 059, 020, dan 066. Sementara itu, untuk melakukan pengaturan, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Hidupkan televisi Panasonic Anda
  • Siapkan remot joker atau universal
  • Tekan dan tahan tombol power serta SET hingga lampu hidup
  • Masukkan code dari salah satu daftar di atas dengan urut
  • Jika berhasil, lampu akan mati dengan sendirinya
  • Selesai
Baca Juga:  Simbol Potensiometer: Jenis, Cara Kerja, dan Komponennya

Penyebab dan Cara Mengatasi Remot TV Tidak Berfungsi

Penyebab dan Cara Mengatasi Remot TV Tidak Berfungsi

Mungkin Anda akan tidak berhasil menggunakan kode remote TV Panasonic yang telah diberikan di atas. Apabila itu terjadi, Anda perlu mencari tahu penyebabnya sehingga untuk mengatasinya menjadi lebih mudah. Berikut adalah beberapa penyebabnya.

1. Code tidak berfungsi

Penyebab pertama adalah kode Panasonic yang Anda masukkan sudah tidak berfungsi. Biasanya hal tersebut dikarenakan tipe TV yang berbeda-beda. Solusi yang dapat dilakukan adalah mencoba code lainnya sampai menemukan yang paling cocok.

Jika semua kode sudah dicoba namun hasilnya tetap sama, ada kemungkinan masalah terletak pada faktor lain seperti remot tidak support atau komponen bermasalah. Untuk memastikan, Anda bisa menggunakan remot universal lain dan mencoba kode yang sama.

2. Baterai low

Selain alasan di atas, kondisi baterai yang sudah low juga dapat berpengaruh terhadap keberhasilan penggunaan remot ini. Saat baterai low, mungkin proses scanning code menjadi terganggu sehingga remot tidak dapat digunakan dengan normal.

Apabila mengalami masalah seperti ini, satu-satunya solusi yang dapat dilakukan adalah mengganti dengan baterai baru. Setelah mengganti baterai, silakan coba untuk melakukan pengaturan kembali dengan langkah yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya.

3. Kerusakan pada mesin

Terakhir, bisa jadi kerusakan terjadi pada mesin remot karena usianya sudah terlalu tua atau kualitasnya kurang baik. Untuk menghindari kasus ini, pastikan Anda membeli di tempat terpercaya dan coba terlebih dahulu apakah benar-benar berfungsi dengan baik atau tidak.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan jasa servis remote apabila memang kondisinya masih bisa diperbaiki. Biasanya terdapat masalah pada komponen di dalamnya seperti terkena debu atau ada sambungan kabel yang terputus.

Baca Juga:  Cara Perbaikannya Macam-macam Kerusakan pada Kipas Angin

Daftar Kode AC Panasonic Remote Universal

Tidak hanya televisi, Panasonic juga terkenal dengan produk AC-nya. Namun, kasus remote rusak atau hilang juga kerap terjadi sehingga Anda perlu menggunakan alternatifnya. Beberapa kode yang bisa digunakan antara lain 689, 671, 661, dan 660.

Harga remote AC universal ini cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp16.000 hingga Rp35.000. Sementara itu, untuk melakukan pengaturan, Anda bisa menyimak langkah-langkah berikut.

  • Siapkan remote universal
  • Hidupkan AC dengan memencet tombol power
  • Hidupkan remote sampai muncul tanda suhu pada layar
  • Arahkan ke AC Anda
  • Tekan lalu tahan tombol SET hingga angka pada layar mulai berkedip
  • Masukkan kode dengan cara memencet tombol temperatur
  • Apabila kode cocok, maka akan muncul bunyi BIP
  • Tekan OK untuk mengunci pengaturan
  • Selesai

Penutup

Penggunaan kode remote TV Panasonic maupun AC memang sangat membantu, terlebih jika alat tersebut rusak atau hilang. Untuk membeli versi asli, bisa jadi Anda perlu mengeluarkan uang cukup besar sehingga hal ini juga dapat menghemat pengeluaran.

Sementara itu, secara fungsi remote universal hampir sama seperti aslinya. Hanya saja, mungkin ada beberapa fungsi yang tidak dapat ditemui. Jadi, Anda tetap harus menerima kondisi tersebut mengingat harganya cenderung lebih rendah.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment