Kumpulan Kode TV Polytron LED dan Tabung

Apakah kamu saat ini bingung bagaimana cara membuka kode TV Polytron? Tenang saja, cara membuka kode TV Polytron dapat dilakukan dengan mudah. Seperti yang diketahui, saat kamu membeli TV Polytron, kemungkinan kamu akan mendapatkan remot bawaan.

Ada kalanya remot TV seringkali rusak bahkan hilang entah kemana. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat membeli remot dengan model yang sama. Namun, terkadang model dari remot TV yang sama tidak mudah untuk ditemukan.

Maka dari itu, kamu perlu membeli remot TV universal yang dapat digunakan pada TV Polytron. Agar remot TV universal dapat berfungsi dengan baik di TV Polytron, kamu perlu membuka kode remot TV Polytron tersebut. Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara membuka kode remot TV Polytron, kamu perlu menyimak ulasan dan uraian berikut ini terlebih dahulu.

Cara Program TV Polytron

Tentang TV Polytron

Polytron merupakan sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia yang didirikan oleh Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Perusahaan yang satu ini berdiri sejak 18 September 1975 di Kudus, Jawa Tengah dengan nama PT Indonesian Electronic & Engineering. Kemudian pada 18 September 1976 berubah nama menjadi Hartono Istana Electronic. Barulah, sejak tahun 2000, perusahaan ini berubah nama menjadi Polytron.

Sementara itu, pada tahun 2000-an, Polytron hanya memproduksi TV, audio, AC, dan lemari es saja. Kemudian produk Polytron diperluas sehingga menghasilkan berbagai macam perlengkapan elektronik, seperti mesin cuci, ponsel pintar, sepeda motor listrik, hingga set-top-box. Meski sudah diproduksi sejak lama, namun TV Polytron tetap populer dan diminati masyarakat Indonesia. Ada beragam TV yang ditawarkan oleh Polytron, baik TV jenis tabung maupun LED.

Saat ini, meski TV dalam tipe tabung sudah cukup lama diproduksi dan dikatakan adalah TV jadul, namun tipe TV Polytron tabung ini masih cukup populer dan memiliki banyak pengguna. Hal itu tidak mengherankan, karena TV tabung memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas gambar dan suara yang baik.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

Sedangkan TV Polytron dalam tipe LED, menjadi tipe TV yang baru dikembangkan, namun sudah cukup populer dan diminati. Tidak kalah dengan TV tabung, TV LED juga memiliki banyak pengguna. Pasalnya, TV LED memiliki lebih banyak fitur menarik dan lengkap, serta memiliki sistem yang jauh lebih baik dan canggih dibandingkan dengan TV tipe sebelumnya. Meskipun begitu, harga untuk TV LED lebih mahal daripada TV tabung.

Kode TV Polytron

Untuk menjalankan TV Polytron, kamu perlu remot sebagai alat kendali TV dari jarak jauh. Saat remot bawaan TV kamu rusak, kemungkinan akan sulit untuk diperbaiki. Banyak penyebab yang membuat remot Polytron mengalami kerusakan, antara lain baterai remot TV yang sudah lemah dan habis, terdapat karat pada kaleng penghubung, dan mengalami benturan atau terjatuh yang menyebabkan sensor  remot TV rusak.

Tidak hanya itu, remot TV yang tidak sengaja tersiram air atau masuk ke dalam air, tidak menutup kemungkinan remot akan mengalami kerusakan. Nah, apabila remot kamu rusak atau bahkan hilang, kamu perlu mengganti remot dengan model yang sama atau mengganti dengan remot universal.

Remot TV universal dapat digunakan untuk banyak model TV, bukan hanya untuk satu merek saja, namun dapat digunakan juga untuk lintas merek. Sedangkan, remot non universal hanya dapat digunakan pada satu model TV saja. Cara membedakan antara remot TV universal dengan remot TV non universal, dapat dilihat dari tombol-tombol yang ada.

Remot universal memiliki tombol Set atau Mode yang digunakan tempat penyimpanan kode remot TV. Selain itu, remot universal memiliki lampu LED yang berfungsi sebagai indikator. Jadi saat kamu menekan tombol Set atau Mode pada remot universal, maka akan muncul lampu indikator. Sedangkan remot non universal tidak memiliki tombol Set atau Mode dan tidak memiliki lampu LED untuk indikator.

Baca Juga:  11 Cara Menghemat Penggunaan Listrik dari AC agar Tidak Boros

Sementara itu, agar remot universal berfungsi pada TV Polytron, kamu perlu mengetahui kode TV Polytron terlebih dahulu. Apa itu kode remot TV? Kode remot TV merupakan kode angka yang digunakan untuk mengontrol dan mengatur TV. Biasanya kode TV Polytron terdiri dari tiga digit angka. Ada banyak kode yang dapat digunakan pada TV Polytron, baik jenis LED maupun tabung. Bagi kamu yang ingin mengetahui kode TV Polytron dapat menyimak kode berikut ini.

  1. Kode yang dapat digunakan pada TV Polytron bertipe LED dan LCD, baik 19 inch, 22 inch, dan 32 inch adalah 017, 024, 043, 053, 120, 147, 150, 151, 152, dan 253.
  2. Kode yang dapat digunakan pada TV Polytron bertipe tabung adalah 017, 024, 043, 053, 120, 147, 150, 151, 152, dan  253.

Cara Membuka Kode TV Polytron

Setelah mengetahui kode TV Polytron, kamu dapat melanjutkan dengan membuka kode TV Polytron agar remot universal yang sudah dimiliki dapat berfungsi pada TV. Cara membuka kode TV Polytron cukup mudah dan dapat dilakukan dengan cara manual. Untuk mengetahui cara membuka kode TV Polytron dengan cara, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, kamu dapat tekan tombol Set yang ada di remot universal sampai muncul lampu indikator warna merah. Apabila kamu sudah menekan tombol Set, namun lampu indikator tidak muncul, kamu dapat mengklik tombol Power hingga lampu menyala.
  • kemudian, kamu masukkan tiga digit kode TV Polytron.
  • Terakhir, kamu dapat arahkan remot ke TV Polytron dan coba tekan tombol apapun untuk melihat proses membuka kode TV Polytron berhasil dilakukan atau tidak. Apabila TV merespon, maka kode berhasil digunakan. Apabila tidak merespon, kamu dapat mencoba satu per satu kode TV Polytron untuk menemukan kode mana yang dapat berfungsi.
Baca Juga:  7 Komponen Dasar Elektronika yang Perlu diketahui Bagi Pemula

Selain cara manual, membuka kode TV Polytron juga dapat dilakukan dengan cara otomatis. Apabila cara yang pertama tidak dapat berfungsi, kamu dapat mengikuti cara yang kedua, yaitu dengan cara otomatis. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui cara membuka kode TV Polytron dengan otomatis.

  • Langkah pertama, kamu tekan tombol Set pada remot universal hingga lampu indikator menyala berwarna merah.
  • Kemudian, saat lampu indikator sudah menyala, kamu dapat arahkan remot ke TV Polytron.
  • Setelah itu, kamu dapat klik tombol Volume Plus (+) atau Volume Minus (-). Apabila berhasil, maka volume TV akan dapat bertambah atau dapat berkurang dengan sendirinya.
  • Terakhir, kamu tekan tombol Power agar lampu indikator dinonaktifkan.

Bagaimana menurut kamu uraian mengenai cara membuka kode TV Polytron. Cara membuka kode TV Polytron dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara manual dan cara otomatis. Kedua cara ini sama-sama mudah dilakukan.

Sebelum membuka kode TV Polytron, penting bagi kamu untuk mengetahui kode-kode yang dapat berfungsi pada TV Polytron. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu yang bingung bagaimana cara mengatasi masala kerusakan remot TV.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment