6 Lem Tahan Panas Terbaik Untuk Mesin Motor

Di pasaran terdapat banyak sekali lem tahan panas untuk mesin motor. Lem tersebut berfungsi untuk merekatkan suatu komponen di permukaan besi motor. Selain tahan panas, lem tersebut harus tahan dengan udara, oli, dan air.

Lem tahan panas untuk mesin biasanya disebut juga sebagai lem porting dan banyak digunakan oleh bengkel dan teknisi.

Jenis lem tahan panas tersebut pun berbeda-beda. Ada dapat menyatukan komponen tertentu pada mesin motor, dan ada juga yang khusus mengencangkan komponen saja. Atau pada jenis lain, lem dapat merekatkan sebuah material jika terjadi kerusakan atau patahan.

Alteco Epo Putty
Alteco Epo Putty

Selain itu, ada juga lem yang setelah mengeras akan menjadi karet atau silikon, dan ada yang dapat menjadi sangat keras sehingga bisa dibor atau diamplas.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan lem tahan panas untuk mesin motor. Semua merk lem di bawah ini dapat kamu temukan di online shop dengan mudah karena sudah banyak dipakai oleh para teknisi.

Maka, inilah rekomendasi lem tahan panas untuk mesin motor dari kami, simak!

Rekomendasi Lem Tahan Panas untuk Mesin Motor

Berikut adalah list rekomendasi lem porting yang dapat kamu coba.

1. Alteco Epo Putty

Alteco merupakan perusahaan lem asal Jepang yang terkenal dengan lem besinya, yaitu produk super glue. Bisa dibilang, Epo Putty merupakan jenis terkuat dari lem Alteco. Lem ini bisa tahan panas hingga 120 derajat celcius dan juga tahan dengan air.

Bukan hanya merekatkan komponen motor, namun karena ini lem serbaguna maka dapat lem ini juga dapat menutup atau sealing. Untuk kemasan 50gr yang terdiri dari bagian resin dan hardener, dapat kamu beli dengan kisaran harga Rp.16.000 – Rp. 23.000 di online shop.

Baca Juga:  7 Modifikasi Honda Tiger 2000 Terbaik dan Tren 2024

2. Dextone Red Silicone Sealant

Dextone Red Silicone Sealant
Dextone Red Silicone Sealant

Dextone merupakan merk asal Indonesia yang memproduksi berbagai lem untuk komponen seperti kaca, besi, tembaga, keramik, dan lainnya. Khusus untuk mesin, Dextone mengeluarkan lem Red Silicone. Lem ini bisa tahan panas hingga 200 derajat celcius, tahan terhadap tekanan, dan tahan air hingga cuaca panas.

Red silicone cocok untuk merekatkan mesin motor, tutup valve, tutup oli, atau dapat berfungsi sebagai lem paking. Ketika kering, hasilnya akan fleksibel seperti karet dan berwarna merah. Untuk kemasan 30gr dapat dibeli di online shop dengan harga mulai dari Rp. 9.000 – Rp. 16.000.

3. PC Fahrenheit Epoxy

PC Fahrenheit Epoxy
PC Fahrenheit Epoxy

Ini adalah jenis lem yang terkenal di kalangan bengkel dan pengguna motor yang hobi oprek mesin. Selain tahan panas ekstrem sampai 260 derajat celcius, ketika kering lem ini memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi dan merekat sangat kuat. Bisa dibor, gerinda, ataupun amplas.

Lem porting yang satu ini cocok untuk menambal saluran intake dan knalpot, serta menambah daging di bagian dalam mesin atau tangki. Untuk kemasan 28gr, harga berkisar dari Rp.123.000 hingga Rp.155.900.

4. Lem Gasket Federal

Federal merupakan merk asal Indonesia yang tadinya menaungi motor Honda. Sekarang, Federal menjual berbagai macam sparepart motor termasuk oli dan lem tahan panas. Lem ini disebutkan khusus untuk merekatkan packing dan gasket motor.

Namun dengan spesifikasinya yang tahan panas, seharusnya lem ini juga dapat digunakan untuk merekatkan komponen-komponen motor ringan lainnya. Kemasan 23ml dari lem gasket Federal dibanderol dengan harga Rp. 8.500 – Rp. 10.000

5. Theribone/Threebond Gasket

Lem porting Threebond atau yang orang biasa sebut dengan tribon adalah salah satu lem untuk mesin motor dengan harga terjangkau. Dengan spesifikasi yang tahan panas, minyak, dan air lem ini dapat menjadi perekat untuk gasket motor atau paking serta komponen lainnya.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Clear Coat Terbaik Untuk Kendaraanmu!

Threebond memiliki bentuk seperti gel yang ketika sudah mengeras akan berubah jadi silikon. Silikon dapat menjadi isolator sekaligus mencegah terjadinya kebocoran panas dari dalam mesin. Dalam kemasan 25gr, lem Threebond dibanderol mulai dari harga Rp.8000 dah Rp.23.000 untuk yang jenis RTV.

6. Pioneer Durasteel Epoxy

Pioneer Durasteel Epoxy
Pioneer Durasteel Epoxy

Pioneer merupakan lem dengan kandungan bubuk besi terbanyak dibanding merk lain. Lem ini akan merekat dalam 5 menit dan kerasnya saat 24 jam setelah diaplikasikan. Jenis Durasteel 5 Epoxy juga tahan panas hingga 300 derajat celcius.

Lem ini cocok untuk body besi motor, bahan alumunium, sneg, keramik, knalpot, karburator, dan pipa. Sebab, setelah kering 100% lem ini dapat dibor dan diamplas. Pioneer Durasteel 5 Epoxy dibanderol mulai dari Rp. 27.000 untuk kemasan 35gr.

Itulah beberapa rekomendasi lem tahan panas untuk mesin motor. Semoga dapat menjadi referensi ketika ingin mencari lem untuk mengoprek mesin dan menyambungkan parts mesin. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment