Pengertian, Rumus Sumber Energi Listrik serta Jenis-jenisnya, Cek Ini!

Memahami bagaimana rumus sumber energi listrik ternyata sangat penting, mengingat listrik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebab manusia sudah menggunakan sumber energi tersebut untuk berbagai kebutuhan.

Misalnya digunakan untuk menerangi rumah hingga untuk menghidupkan berbagai benda elektronik seperti TV, kulkas, penanak nasi, hp dan masih banyak lagi. Bayangkan saja apabila tidak terdapat listrik, tentu akan membuat kegiatan manusia akan terhambat.

Meski menjadi salah satu elemen yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia, tetapi tidak banyak orang memahami energi listrik lebih dalam. Karena itulah jika ingin mengetahui apa yang dimaksud energi listrik dan rumusnya, silahkan cek ulasan dibawah.

Pengertian Energi Listrik

Sebelum mengetahui bagaimana rumus dari energi ini, apakah Anda sudah bisa menjelaskan apa itu energi listrik? Jika belum maka sangat penting buat memahami pengertiannya terlebih dahulu di bawah ini.

Jadi energi listrik merupakan jenis energi yang berasal dari pergerakan elektron dari satu titik ke titik lainnya. Adapun asal muasal dari energi tersebut berasal dari energi kinetik (potensial listrik) partikel bermuatan.

Jadi energi tersebut bisa muncul karena adanya energi potensial maupun energi kinetik. Meski begitu, sebagian besar dapat muncul karena adanya energi potensial, yakni energi yang tersimpan akibat posisi relatif partikel bermuatan atau biasa dikenal dengan medan listrik.

Sederhananya energi listrik dihasilkan pada saat elektron bergerak melewati sebuah konduktor seperti kawat tembaga. Pada saat tegangan listrik diberikan pada bagian ujung konduktor, maka elektron mulai bergerak dari satu ujung ke ujung lainnya.

Hal tersebut nantinya akan menciptakan adanya aliran arus listrik dan bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan. Keberadaan dari energi listrik ternyata dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti air, tenaga surya hingga bahan bakar fosil.

Baca Juga:  Perbedaan ukuran 4:3 dalam pixel, Inci, Dan CM, Simak Penjelasan Dan Fungsinya

Rumus Sumber Energi Listrik

rumus sumber energi listrik

Sesudah mengetahui pengertian di atas, maka berikutnya adalah memahami rumus sumber energi listrik ini. Perlu Anda ingat bahwa sebenarnya terdapat beberapa variasi untuk rumus dari energi listrik, tetapi secara umum, rumus yang digunakan adalah:

W= V.Q

Keterangan:

W            : energi listrik (joule)

Q             : muatan listrik (coulomb)

V             : Beda potensial (volt)

Adapun keberadaan energi listrik rumus di atas akan mempengaruh besaran dari energi listrik. Nah untuk memperoleh rumus energi listrik di dalam bentuk lain, maka harus mengetahui dahulu rumus arus listrik dan hukum ohm di bawah ini

I=Q/t dan R=V/I

Keterangan:

I               : kuat arus listrik (ampere)

Q             : muatan listrik (coulomb)

T              : waktu (second)

R             : hambatan (ohm)

V             : tegangan listrik (volt)

Sumber Energi Listrik

Setelah memahami pengertian energi listrik dan rumusnya, maka berikutnya harus memahami darimana sumber energi tersebut. Perlu diingat bahwa sumber energi yang berasal dari listrik tidak muncul begitu saja, tetapi terdapat sumbernya.

Di samping itu, sumber energi inipun juga sangat beragam dari tempat satu ke tempat lainnya serta akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan sekitar. Berikut beberapa sumber energi listrik yang umum digunakan.

Air

Sumber energi yang pertama adalah air yakni menggunakan energi air untuk menggerakkan komponen generator. Jenis sumber ini termasuk ke dalam sumber energi bersih sekaligus berkelanjutan karena tidak akan menghasilkan emisi karbon.

Angin

Selain ada air, sumber energi listrik berikutnya adalah angin yakni digunakan untuk proses memutarkan turbin agar bisa menghasilkan listrik. Hampir sama seperti air, sumber energi ini juga tergolong bersih dan berkelanjutan.

Minyak

Keberadaan dari rumus energi listrik memang sangat penting dalam kehidupan dan sumber energi ini selanjutnya adalah minyak. Minyak dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia karena dapat menjadi sumber daya pembangkit listrik.

Baca Juga:  Satuan Berat: Pengertian, Jenis dan Alat Ukur Yang Digunakan

Meski begitu penggunaan dari minyak inipun juga membutuhkan perhatian oleh dunia. Sebab selama proses berlangsung akan mengakibatkan produksi karbon cukup tinggi sehingga bisa merusak kondisi lingkungan.

Tenaga Surya

Sesuai dengan namanya, tenaga listrik satu ini dihasilkan dengan mengubah sinar matahari menjadi listrik melalui panel surya. Ini juga termasuk ke dalam sumber energi terbarukan dan semakin populer di kalangan masyarakat karena ramah terhadap lingkungan.

Nuklir

Sumber energi lainnya adalah nuklir yang mampu menghasilkan listrik dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Selama ini nuklir sering dijadikan oleh senjata modern oleh beberapa negara, meski begitu kehadirannya juga sering digunakan sebagai PLTN.

Gelombang

Walaupun sumber energi ini masih jarang digunakan, tetapi di beberapa negara cukup populer khususnya di kawasan dekat area laut. Untuk penerapannya maka daerah bersangkutan harus mempunyai gelombang besar sekaligus bergerak secara berkelanjutan.

Batu bara

Batu bara juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu sumber bahan untuk menghasilkan aliran listrik. Untuk menyalakan listrik sekitar 100 watt, maka membutuhkan sekitar 100 kilogram batu bara dan akan menyala dalam waktu 4 hari.

Contoh Energi Listrik

Adapun materi energi listrik berikutnya adalah terkait dengan contohnya yang sangat erat dalam kehidupan sehari hari. Berikut ini beberapa contoh dari energi listrik yang perlu diketahui.

  • Perubahan energi listrik menjadi panas: setrika, oven, penanak nasi
  • Perubahan energi listrik menjadi bunyi : televisi dan radio
  • Perubahan energi listrik menjadi gerak: kipas angin dan motor dinamo
  • Belut listrik yang mampu mengeluarkan energi listrik dan menggunakannya buat melawan predator
  • Petir yang terjadi selama badai

Manfaat Keberadaan Listrik Dalam Kehidupan

Manfaat Keberadaan Listrik Dalam Kehidupan

Setelah memahami materi macam macam energi listrik dan contohnya, maka berikutnya adalah memahami manfaat dari penggunaan energi tersebut. Adapun beberapa manfaat dari energi listrik diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Neraca Ohauss: Pengertian, Bagian, Fungsi, Jenis dan Cara Penggunaan

Sebagai Sumber Penerangan

Manfaat listrik yang pertama adalah dapat digunakan sebagai sumber penerangan sehingga membuat kehidupan lebih terangan. Sebelum adanya listrik, penerangan hanya memanfaatkan lilin ataupun lampu tempel saja.

Untuk Menghasilkan Panas

Bukan hanya sebagai sumber penerangan saja, tetapi listrik juga dapat menghasilkan panas. Adapun penghasil panas tersebut bisa Anda temukan pada peralatan rumah tangga seperti kompor listrik, setrika listrik hingga rice cooker.

Sebagai Penghasil Gerak

Dengan hadirnya listrik juga bermanfaat untuk menghasilkan gerak misalnya saja apda alat blender, mixer maupun kipas angin. Itulah mengapa Anda juga perlu memahami rumus energi listrik dengan baik.

Media Untuk Pengobatan

Tidak hanya itu saja, listrik ternyata juga sering dimanfaatkan sebagai media untuk pengobatan oleh dokter ahli. Sebab sejumlah peralatan medis akan bekerja lebih efektif apabila terhubung dengan listrik.

Bisa Menghasilkan Suara

Manfaat lainnya dari listrik adalah berguna untuk menghasilkan suara seperti mendengarkan lagu maupun mikrofon. Dengan begitu suara kecil dapat didengar dalam skala besar.

Keberadaan rumus energi dalam fisika memang sangat penting untuk membantu melakukan perhitungan. Walaupun memberikan banyak manfaat, tetapi penggunaan dari energi listrik juga terdapat tantangan tersendiri.

Tantangan yang paling terlihat adalah mengenai keberlanjutan lingkungan seperti penggunaan bahan bakar fosil. Dengan memahami rumus sumber energi listrik, maka memudahkan untuk menyelesaikan soal berkaitan dengan materi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment