Cara Menyambungkan Set Top Box ke Wifi dengan dan Tanpa Menggunakan Dongle Wifi

Berita mengenai teknologi memang kerap banyak diminati oleh orang-orang. Untuk itu pada peluang ini akan dijelaskan mengenai cara menyambungkan set top box ke wifi agar kamu bisa menonton tayangan dari media sosial, seperti Youtube. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pemerintah telah membuat kebijakan yang mana TV analog ditiadakan sehingga seluruh masyarakat Indonesia yang ingin menonton televisi harus menggunakan TV digital.

Jika hingga saat ini kamu belum bisa menikmati tayangan televisi dari TV digital, jangan khawatir, kamu tetap tetap bisa menggunakan set top box untuk menangkap siaran digital. Sehingga nantinya TV tabung yang kamu miliki tetap dapat menonton tayangan televisi dengan kualitas gambar TV digital.

Akan tetapi, hal tersebut tidak akan dibahas untuk artikel ini karena sudah terlalu kurang relevan untuk dibicarakan. Terlebih telah banyak juga yang mengulas mengenai cara memasang set top box (STB) pada televisi tabung. Akan lebih menarik apabila kita membahas tentang bagaimana cara menyambungkan set top box ke wifi dari handphone ataupun wifi rumah kamu, sehingga televisi kamu yang menggunakan sudah menggunakan alat set top box dapat menonton YouTube maupun situs streaming lainnya.

Langsung saja, berikut cara menyambungkan set top box ke wifi.

Cara Menyambungkan Set Top Box ke Wifi

Perlu diketahui, sebelum bisa menyambungkan set top box ke wifi, kamu harus membeli dongle wifi secara terpisah supaya STB Matrix layaknya merek Apple bisa memindai jaringan wifi di rumah kamu.

Alasannya tidak lain karena STB Matrix Apple DVB-T2 kompatibel dengan dongle Wifi jenis MT7601. Mengapa dongle WiFi? Tentu karena tipe dongle wifi umum yang juga cocok untuk beberapa merk set top box lainnya, seperti Luby, Evercoss, ataupun Welhome. Jika kamu sudah memiliki dongle WiFi, maka angsung saja ikuti cara menyambungkan set top box ke wifi di bawah ini:

  • Pastikan set top box sudah terhubung ke internet atau wifi.
  • Tekan tombol “Menu” pada remote set top box.
  • Cari dan pilihlah aplikasi YouTube, kemudian tekan “OK” untuk mulai membukanya.
  • Tunggu proses loading video selesai.
  • Apabila sudah berhasil, maka akan tampil berbagai video yang ada di beranda YouTube layaknya di smartphone kamu.
  • Kamu hanya perlu mengarahkan kepada video yang ingin ditonton dengan tombol navigasi pada remote set top box, selanjutnya tekan “OK” untuk membuka atau menonton video tertentu.
  • Selesai.
Baca Juga:  Mengenal DVD Player dan Bagian-bagiannya

 

Apa yang Dimaksud dengan Dongle WiFi?

Mungkin kamu masih bertanya-tanya terkait yang dimaksud dengan dongle WiFi. Secara sederhana dongle Wifi merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat yang tidak memiliki komponen wifi ke jaringan internet, seperti halnya set top box, komputer/pc, laptop, maupun perangkat lainnya.

Dongle Wifi ini umumnya dilengkapi dengan antena dan menggunakan port USB sebagai konektivitasnya sehingga lebih mudah dipakai untuk perangkat seperti set top box TV digital yang memang telah memiliki port USB. Saat ini, ada begitu banyak dongle Wifi yang dijual di pasaran maupun berbagai marketplace dan tersedia dalam variasi merek dan tipe.

Untuk harga jual USB Dongle Wifi dongle, tentunya sangat bervariasi pula. Kamu bisa memilih dan membeli dongle Wifi yang sesuai dengan keinginan kamu. Lantas, bagaimana apabila tidak ada dongle Wifi? Apa bisa menyambungkan berbagai merek set top box DVB-T2 seperti Evercoss Matrix, Sanex, dan lain-lain ke Internet atau wifi? Jawabannya tentu bisa. Kami akan sedikit membocorkan trik agar kamu tetap bisa menyambungkan set top box ke jaringan wifi berikut ini.

Set Top Box (STB): Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis.

Cara Menyambungkan Set Top Box ke Internet tanpa Dongel Wifi

Menyambungkan set top box ke wifi menggunakan USB tethering

Untuk menyambungkan set top box ke jaringan internet/wifi tanpa dongle wifi, ikuti langkah-langkah berikut ini’

  • Siapkan smartphone kamu beserta kuota internet yang cukup.
  • Siapkan kabel data atau USB smartphone.
  • Siapkan set top box yang sudah kamu miliki.
  • Pencet tombol “Menu” kemudian pilih menu “Wifi” atau “Jaringan”. (disesuaikan dengan merk set top box tertentu yang kamu gunakan).
  • Anggaplah di sini kamu menggunakan set top box Matrix Apple.
  • Hubungkan atau colok kabel data ke smartphone kemudian hubungkan ke set top box melalui port USB milik kamu.
  • Buka “Pengaturan” pada smartphone dan dilanjutkan dengan mencari menu “Pengaturan Jaringan” atau “Konekvitas” (disesuaikan dengan merek smartphone yang kamu gunakan).
  • Cari menu “Penambatan USB” atau USB Tethering pada android kamu.
  • Aktifkan opsi penambatan USB tersebut dengan cara menekan tombol yang ada di sampingnya sampai berubah menjadi aktif.
  • Berikutnya, koneksi akan segera terbaca oleh set top box maupun pada status jaringan.
Baca Juga:  Cara Mencari Sinyal TV Digital Via Set Top box dengan Mudah

Menyambungkan set top box ke wifi menggunakan Kabel USB to LAN

Selain menggunakan USB tethering seperti yang sudah dijelaskan di atas, menghubungkan set top box ke wifi juga dapat dilakukan dengan menggunakan kabel USB to LAN. Cara ini berguna apabila di rumah kamu sudah menggunakan layanan internet berlangganan, seperti Biznet, Indihome, Myrepublic, ataupun wifi lainnya yang menyediakan modem atau router.

Router dari layanan internet berlangganan tersebut umumnya sudah dilengkapi dengan port LAN yang bisa digunakan untuk menyambungkan set top box ke jaringan internet.

Untuk bisa menghubungkan set top box ke wifi dengan menggunakan kabel USB to LAN tersebut, silakan ikuti langkah berikut.

  • Siapkan kabel converter USB to LAN yang akan digunakan untuk menyambungkan set top box ke wifi.
  • Siapkan pula kabel LAN. Kabel LAN ini pada umumnya sudah termasuk ke dalam berlangganan internet. Bila tidak ada, kamu bisa membelinya di marketplace atau toko komputer terdekat.
  • Lalu tekan tombol “Menu” kemudian pilih menu “Wifi” atau “Jaringan”. (disesuaikan dengan merek set top box yang kamu gunakan).
  • Berikutnya sambungkan kabel converter USB to LAN pada port USB di set top box.
  • Setelah itu hubungkan juga kabel LAN ke converter tersebut dan colokkan pula ujung kabel LAN lainnya ke router, modem, atau mikrotik.
  • Apabila sudah terkoneksi dengan benar maka pada menu “Pengaturan Jaringan” akan tampak status “Alat” menjadi Wired-1 atau Kabel-1 dan statusnya menjadi “Terhubung” atau “Connected”.
  • Selesai.

Itulah informasi tentang cara menyambungkan set top box ke wifi menggunakan atau tanpa alat bernama dongle Wifi yang mudah untuk kamu praktikkan sendiri. Sekarang kamu sudah mengetahui cara-cara di atas dengan menggunakan bantuan USB Tethering yang ada pada smartphone milik kamu, juga menggunakan kabel USB to LAN yang termasuk fitur khusus dari internet berlangganan, seperti Biznet, Indihome, Myrepublic, ataupun wifi lainnya yang menyediakan modem atau router.

Baca Juga:  Transistor Final yang Bagus untuk Bass agar Maksimal

Kunjungi selalu situs kami untuk update seputar tips, info, dan ulasan terbaru lainnya yang tentunya bisa menambah wawasan kamu. Tak lupa juga kami terima kasih telah berkunjung.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment