Penyebab Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku dan Mengatasinya

Pastinya kulkas dingin namun gagal menjadi beku menimbulkan banyak kebingungan. Kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku memang seringkali menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh semua pengguna lemari es. Tentunya ini menjadi salah satu hal menyebalkan, karena kulkas tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Simak berikut ini penyebab kulkas 2 pintu tidak bisa beku.

5 Penyebab Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku

5 Penyebab Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku

Mengetahui penyebab masalah ini, memang ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku. Berikut adalah alasannya:

Kotornya Bagian Coil Kondensor

Memang pada freezer, dimana letak dari coil kondensor sendiri memiliki lokasi yang berbeda-beda. Anda dapat menemukannya di bagian depan, dinding, belakang ataupun pada bagian bawah. Memang pada coil bagian tertentu, lokasinya akan lebih terlindungi dibandingkan bagian lainnya. Ini juga yang membuat coil jarang mudah kotor, bahkan dalam menjaga kebersihannya tidak harus dibersihkan secara berkala.

Namun memang untuk beberapa kulkas yang memiliki kumparan pada bagian bawah atau belakang dan juga mudah untuk di akses, pastikan bahwa kumparan rutin untuk dibersihkan. Karena kedua sisi tersebut berlokasi di area terbuka, sehingga mudah untuk di akses dan mudah kotor. Pastikan anda merawatnya dengan ekstra, cobalah rutin membersihkannya minimal 6 bulan.

Tidak Berfungsinya Termostat Untuk Mengontrol Suhu

Anda perlu mengetahui, bahwa termostat sendiri juga memiliki pengaruh besar dan menjadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin. Termostat sendiri memiliki pengaruh cukup besar dengan kompresor, kipas kondensor hingga motor kipas dari evaporator. Jika bagian ini gagal berfungsi dengan sebagaimana mestinya, maka akan menjadi penyebab utama sistem pendingin bermasalah.

Jika hal ini terjadi, maka anda harus mencari jalan keluarnya. Cobalah mengetahui apakah pengontrol suhu ini dapat bekerja secara normal atau tidak. Anda juga bisa melakukan pengaturan pada bagian setting dari suhu rendah ke bagian tinggi, tunggulah hingga terdengar bunyi sampai klik. Jika tidak ada suara muncul, maka dapat dipastikan bahwa bagian tersebut mengalami kerusakan. Jika sebaliknya, maka semua berjalan dengan normal.

Baca Juga:  Daftar Kode Remot LG Semua Model dan Cara Settingnya

Tidak Bekerjanya Kipas Kondensor

Penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku kemungkinan terjadi akibat tidak bekerjanya secara baik kipas pada kondensor. Fungsi utama dari kipas ini adalah menari udara yang ada di kondensor. Jika bagian motor gagal berfungsi secara baik, maka akan membuat udara tidak dapat ditarik dengan baik. Ini juga yang membuat freezer tidak mengeluarkan dingin atau dingin namun kurang beku.

Hal ini juga yang membuat bantalan motor kipas harus di lakukan pengecekan. Salah satu kemungkinannya adalah kipas sudah aus dan harus dilakukan penggantian.

Coil Evaporator Tertutup

Coil evaporator memang seringkali tertutup, hal ini dikarenakan sistem defrost yang dimilikinya banyak mengalami masalah. Seperti yang anda ketahui, bahwa setiap harinya sistem dari defrost atau pemanas menyala beberapa kali. Salah satu fungsinya adalah mencairkan es yang kemungkinan akan menumpuk pada coil evaporator. Hal inilah menjadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin.

Lemari es dingin namun gagal beku. Dalam memastikan bahwa defrost dapat berfungsi dengan baik atau tidak adalah lakukan pengujian kontinuitas sistem. Anda dapat menggunakan multimeter. Cara ini bisa dilakukan dalam mengatasi lemari es gagal membeku.

Tidak Berfungsinya Start Relay

Penyebab lainnya kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku adalah komponen yang dimiliki start relay yang mana memiliki fungsi untuk memasok daya nantinya ke dalam kompresor tidak dapat berfungsi secara baik. Jika gagal berfungsi, maka akan membuat kompresor kurang dapat bekerja secara baik. Jika kompresor gagal bekerja, maka akan dipastikan bahwa freezer tidak akan bekerja dengan baik.

Inilah yang menyebabkan freezer kurang beku walaupun dalam keadaan dingin. Berikut adalah cara mengatasi kulkas tidak dingin dan memastikan apakah start relay dapat berfungsi secara baik atau tidak.

  • Cobalah cabut colokan pada listrik, dimana dalam hal ini akan sangat membantu dalam menghentikan aliran dari arus listrik.
  • Selanjutnya lepaskan pada bagian start relay, dimana anda dapat menggunakan multimeter.
  • Jika sudah, lakukan pengujian fungsi dari start relay menggunakan bantuan multimeter.
  • Selanjutnya jika start relay menunjukkan kejanggalan akan mengeluarkan bau hangus atau gosong sepeti terbakar, maka anda harus segera menggantinya dengan komponen baru.
  • Hal inilah yang menjadi tanda, bahwa start relay mengalami kerusakan.
  • Bukan hanya itu saja, motor kipas pada evaporator juga menunjukkan adanya masalah.
  • Pada bagian motor kipas evaporator, dalam hal ini memiliki fungsi agar udara dapat dialirkan. Dimana udara tersebut terdapat pada coil evaporator agar semua bagian freezer mendapatkan udara lancar.
Baca Juga:  Cara Kerja Kulkas 2 Pintu dan Komponen Utama Didalamnya

Jika komponen gagal dapat bekerja secara baik, maka freezer tidak akan dapat membuat beku apapun. Salah satu tanda sederhana adalah saat pintu freezer dibuka, maka kipas berhenti bekerja.

4 Trik Ampuh Mengatasi Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku

4 Trik Ampuh Mengatasi Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku

Setelah mengetahui berbagai penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku, anda dapat menyimak beberapa tip ampuh bagaimana cara mengatasi kulkas tidak dingin.

Menjauhkan Kulkas dari Peralatan Penghasil Panas

Menghindari freezer kurang beku namun dalam kondisi dingin, anda perlu mengetahui apa saja peralatan yang dapat menghasilkan panas dan membuat lemari es mengalami kerusakan. Dalam hal ini ada beberapa peralatan seperti oven listrik. Pemanggang roti, kompor gas, rice cooker dan masih banyak lagi.

Mungkin hal ini adalah persoalan sepele, namun udara panas yang dihasilkan ketika dekat dengan lemari es akan memberikan pengaruh buruk kepada performanya. Hal ini juga yang menjadi penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku.

Rutin Memeriksa Tegangan Arus Listrik

Tips lainnya mengatasi lemari es gagal berfungsi degan baik adalah dengan memeriksa tegangan listrik. Tegangan dari listrik yang tidak stabil, akan membuat gangguan pada alat-alat elektronik salah satunya lemari es. Melihat kondisi listrik kurang stabil, performa lemari es juga akan menurun.

Hindari Menyimpan Makanan Panas

Banyak yang kurang menyadari hal ini, bahwa makanan panas bisa membuat penurunan suhu signifikan pada freezer. Jika dilakukan dalam waktu terus menerus, tentunya membuat lemari es menjadi rusak dan tidak bisa membeku. Hal ini terjadi untuk semua merek freezer, seperti kulkas Toshiba 2 pintu model lama yang juga akan mengalami kerusakan.

Selalu Mengatur Suhu Kulkas

Saat pertama kali anda membeli lemari es baru, pastinya suhu akan diatur terlebih dahulu. Sama halnya mengetahui cara mengatasi gas beku, lemari es pun juga harus memiliki suhu normal. Dengan memiliki suhu lemari es yang tidak normal, menjadi penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku. Pastikan bahwa suhu normal agar pembekuan dapat berjalan lancar.

Baca Juga:  Diagram Kulkas 2 Pintu dan Komponen Didalamnya

Memang bukan menjadi masalah baru lagi kulkas 2 pintu tidak bisa beku. Bahkan masalah ini sudah sangat umum terjadi bagi semua pemilik lemari es. Namun dengan mengetahui penyebab hingga tips mengatasi lemari es kurang beku, anda dapat memperbaikinya sendiri atau memanggil tenaga ahli.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment