Cara Hitung Ukuran TV 43 Inch Berapa CM dan Tips Memilihnya

Berapakah ukuran TV 43 Inch? Banyaknya pertanyaan tersebut ternyata bukan tanpa alasan. Mengingat sebagian besar dari masyarakat Indonesia belum terbiasa menggunakan hitungan dalam bentuk inci dan ukuran tersebut juga tidak dimensi sebenarnya.

Seperti telah diketahui bahwa televisi dijadikan sebagai sarana hiburan paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia saat ini. Berbagai macam tayangan yang dihadirkan di dalamnya sering digunakan buat mengisi waktu luang selama berada di rumah.

Apabila kegiatan menonton tv semakin menyenangkan dan puas, maka tidak ada salahnya buat memilih televisi dengan ukuran besar. salah satu rekomendasinya adalah tv ukuran 43 inch ini dimana akan berikan kepuasan bagi Anda ketika menonton televisi nantinya.

Mengenal TV Ukuran 43 Inch

Mengenal TV Ukuran 43 Inch

TV dengan ukuran 43 inch sendiri sering dijadikan sebagai pilihan bagi masyarakat umum untuk menikmati tayangan dengan layar yang cukup luas. Tetapi perlu diingat juga bahwa itu bukanlah dimensi sebenarnya dari sebuah televisi lho.

Sebab jika Anda mencaritahu ukuran tersebut ke dalam inci, maka diharuskan mengetahui terlebih dahulu aspek rasio layar yang digunakan tersebut. Aspek rasio disini merupakan perbandingan dari lebar dan tinggi dari sebuah layar televisi.

Aspek rasio tidak hanya ditemukan pada layar benda elektronik ini saja, tetapi juga digunakan pada semua perangkat monitor seperti laptop, layar komputer hingga smartphone yang Anda gunakan sehari-hari tersebut.

Adapun aspek rasio yang digunakan buat menghitung lebar dan panjang tv 43 inch sendiri adalah 16:9 serta 4: 3. Perhitungannya sendiri dapat dilakukan melalui layarnya dan bukan dari bezelnya agar bisa mendapatkan dimensi sebenarnya.

Selain itu, ukuran inci yang terdapat pada sebuah layar televisi inilah adalah bagian panjang sisi diagonal dari layar. Untuk melakukan pengukuran panjang diagonalnya, maka Anda dapat mengukur jarak antara dua sudut yang terdapat pada layar dan saling berhubungan.

Baca Juga:  Mode Arti Lambang pada Remote AC LG: Apa yang Harus Kamu Tahu

Ukuran TV 43 Inch Berapa CM Sebenarnya

Ukuran TV 43 Inch Berapa CM Sebenarnya

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak ukuran televisi yang tersedia sekarang yakni mulai dari terkecil 10 inch hingga paling besar mencapai 105 inch. Dari sekian banyaknya pilihan tersebut, ukuran tv 43 inch banyak dicari oleh masyarakat.

Nah apabila Anda ingin mengetahui ukuran sebenarnya ke dalam cm, maka terlebih dahulu harus mengetahui aspek rasio yang diterapkan pada televisi tersebut. Untuk lebih jelasnya, maka Anda dapat menyimak perbandingan berikut ini.

Rasio 16:9

Aspek rasio 16:9 ini sering diaplikasikan pada televisi LED dimana mempunyai body cukup tipis sehingga terlihat lebih ramping. Karena dilengkapi dengan teknologi LED itulah, membuat Anda semakin puas ketika menonton tayangan di dalamnya.

Untuk panjang diagonal layar dengan rasio 16:9 sendiri adalah 109.2 cm. Dengan panjang dan lebar tv dalam cm adalah 53. 3 cm dan lebar 95.2 cm. Dengan ukuran tersebut, maka bisa dibilang bahwa televisi berukuran 43 cm cukup luas.

Rasio 4: 3

Selain menggunakan perbandingan rasio berupa 16:9, ada pula rasio 4:3 dimana biasanya sering diaplikasikan pada televisi tabung. Kendati televisi tabung sudah jarang digunakan, tetapi sebagian besar masyarakat masih tertarik karena harganya tergolong jauh lebih terjangkau.

Untuk panjang diagonal televisi menggunakan aspek rasio ini adalah sebesar 109.2 cm. Sedangkan panjangnya adalah 65.5 cm dengan lebar 87.4. Nah jika dilihat, maka ukuran layar dengan rasio satu ini jauh lebih sempit bukan.

Tips Memilih TV 43 Terbaik Untuk Anda

Tips Memilih TV 43 Terbaik Untuk Anda

Dengan mengetahui ukuran tv 43 inch berapa cm itulah akan memberikan Anda gambaran mengenai ukuran sebenarnya. Adanya dimensi yang cukup besar itulah tentu akan memberikan pengalaman dalam menonton tv jauh lebih memuaskan nantinya.

Baca Juga:  Cara Program TV Polytron Tabung dan LED

Tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diketahui dalam memilih televisi dengan dimensi satu ini diantaranya adalah.

Menentukan Resolusi Layar Yang Digunakan

Hal paling utama yang perlu diketahui adalah menentukan ukuran layar TV terlebih dahulu karena nantinya akan berpengaruh terhadap tampilannya. Terdapat beberapa resolusi yang tersedia seperti 720p, 1080p, 4K hingga 8K.

Semakin tinggi resolusi yang diterapkan di dalamnya, tentu akan membuat gambarnya juga akan semakin bagus dan detail. Apabila Anda menginginkan tampilan gambar yang HD, maka pertimbangkan pilih resolusi sebesar 1080p ke atas.

Mengetahui Tingkat Refresh Rate

Dalam memilih tv dengan dimensi tv 43 inch, maka sebaiknya juga harus mengetahui tingkat refresh rate terlebih dahulu. Refresh rate disini merupakan seberapa banyak layar tersebut bisa menciptakan gambar baru di setiap detiknya.

Untuk mengetahui refresh rate dari sebuah televisi sebenarnya sangat mudah yakni dapat dilihat dengan ukuran Hz. Misalnya saja adalah TV dengan refresh rate 150 Hz, maka layar dapat membuat gambar baru sebanyak 150 kali dalam setiap detik.

Fitur Yang Ditawarkan

Sangat penting buat Anda untuk mengetahui fitur apa sajakah yang terdapat pada televisi bersangkutan. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, tentu akan memberikan kepuasan bagi Anda ketika menonton tayangan di dalamnya.

Misalnya saja pada tv LED, maka sudah dibekali dengan sejumlah fitur menarik seperti Bluetooth, WiFi hingga hadirnya fitur Google Assistant yang berikan kemudahan buat melakukan aktivitas menarik di dalamnya.

Ketahui Konsumsi Daya Listrik

Dalam membeli televisi 43 inch, Anda juga perlu mengetahui berapakah konsumsi dari daya listriknya tersebut. Untuk TV bertipe LED sendiri biasanya jauh lebih hemat dibandingkan dengan LCD ataupun plasma.

Baca Juga:  Ukuran TV 32 Inch dan Tips Memilihnya Dengan Tepat

Tetapi perlu diingat juga bahwa ukuran televisi 43 tentu membutuhkan daya jauh lebih besar dibandingkan 32 inch yang hanya sekitar 60-70 watt saja. Jangan lupa juga buat mempertimbangkan keberadaan dari garansi.

Rekomendasi TV Berukuran 43 Inch

Sampai disini, Anda pastinya sedang mencari rekomendasi TV dengan ukuran 43 inch tersebut bukan? Sekarang hampir semua produsen sudah mengeluarkan jenis televisi tersebut karena memang banyak dicari oleh masyarakat.

Berikut ini kami berikan sejumlah rekomendasi televisi dengan dimensi 43 inch dari berbagai brand.

Xiaomi Mi TV A2

Xiaomi Mi TV A2 inilah dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang mencari sarana hiburan di rumah. Terlebih lagi di dalamya sudah dilengkapi dengan resolusi sebesar 4K sehingga menghasilkan gambar cukup nyaman di mata dengan suara yang sangat memuaskan.

Changhong Android L3H7

Selain dari Xiaomi, Anda juga bisa mempertimbangkan produk televisi android dari Changhong satu ini. Ini merupakan sebuah televisi canggih yang sudah dibekali dengan berbagai macam fitur lengkap di dalamnya terutama karena sudah beroperasi dengan android.

Samsung UA43T6500AKXXD

Tidak ketinggalan, Anda juga dapat mempertimbangkan produk televisi dimana berasal dari Samsung ini juga. Ini merupakan sebuah smart tv yang sudah dibekali dengan berbagai macam fitur di dalamnya serta gambarnya cukup tajam dan detail.

Jika Anda menginginkan sebuah televisi yang mampu memberikan kepuasan saat menonton, maka ukuran 43 inch dapat menjadi pilihannya. Dengan mengetahui ukuran tv 43 inch berapa cm itulah dapat memberikan gambaran ukuran sebenarnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment